alexametrics

Libur Panjang, 147 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

28 Oktober 2020, 20:06:28 WIB

JawaPos.com – Gelombang arus perjalanan pada libur panjang terus berlanjut. Hingga Rabu malam (28/10), Jasa Marga mencatat 147 ribu kendaraan telah meninggalkan Jakarta.

“Total volume lalin (lalu linta yang meninggalkan Jakarta ini naik 26,4 persen jika dibandingkan lalu lintas normal,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangannya, Rabu (28/10).

147 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta merupakan data komulatif Jasa Marga per Selasa 27 Oktober 2020. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama. Yaitu, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Sementara hingga malam ini arus lalu lintas dan perjalanan kendaraan di sejumlah ruas tol terlihat padat relatif lancar.

Dwimawan Heru menuturkan, 49,48 persen kendaraan yang meniggalkan Jakarta menuju arah Timur. Kemudian, 28,38 persen menuju arah Barat dan 22,14 persen menuju arah Selatan.

Untuk arah timur, dari GT Cikampek Utama 1 dengan jumlah 41.143 kendaraan meninggalkan Jakarta. Sedangkan GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 32.058 kendaraan meninggalkan Jakarta.

“Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 73.201 kendaraan, naik sebesar 51,6 persen dari lalin normal,” tuturnya.

Kemudian, lalin yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 41.984 kendaraan.

Baca juga: Hari Ini Puncak Arus Libur Panjang, Jalur Darat Masih Lancar

Sedangkan dari arah selatan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 32.763 kendaraan.

Dwimawan mengimbau kepada para pengguna jalan tol untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak. “Patuhi rambu-rambu dan arahan petugas.”

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads