alexametrics

Bukan Video Banjir Kulonprogo

31 Oktober 2020, 19:55:30 WIB

HUJAN yang mulai mengguyur wilayah Indonesia beberapa hari terakhir langsung diikuti kabar hoax. Contohnya pada 27 Oktober lalu. Akun Facebook Djoko S. Arko membagikan video belasan ekor sapi yang hanyut terbawa banjir. Katanya, banjir bandang itu terjadi di Kali Progo, Jogjakarta, setelah sehari semalam hujan lebat.

”Kandang hewan ternak sak isiné hanyut oleh banjir bandang Kali Progo, hujan seharian,” tulis akun Djoko S. Arko. Video yang dia unggah juga disertai keterangan lokasi Jembatan Ngapak, Kali Progo (bit.do/DiKaliProgo).

Dalam rekaman berdurasi 30 detik itu, tampak belasan sapi terbawa derasnya air sungai yang berwarna cokelat. Sapi-sapi itu terendam hingga sebatas leher. Sayang, dalam video itu tidak terdengar suara orang yang merekam, yang biasanya memberikan penjelasan tentang waktu dan lokasi kejadian. Yang ada justru tulisan netizen lain di kolom komentar, yang meragukan bahwa banjir bandang itu terjadi di Kulonprogo.

Memanfaatkan situs padanan gambar, peristiwa dalam video itu ternyata pernah diberitakan portal berita dari luar negeri Juli lalu. Salah satunya portal berita berbahasa Spanyol jornada.com.mx. Berita yang terbit pada 28 Juli 2020 itu menyebut ribuan warga Meksiko terkena dampak badai Hanna yang menewaskan lima orang. Portal Jornada juga mengunggah potongan video hanyutnya belasan sapi yang terbawa banjir.

Masih menurut Jornada, Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional (CNPC) mengumumkan bahwa tiga orang hilang di Reynosa. Selain itu, ribuan warga diberi perlindungan di Nuevo León. Untuk memulihkan kondisi, Kementerian Pertahanan Nasional (Sedena) mengerahkan lebih dari 2.000 tentara dan 20 kendaraan militer ke wilayah yang terkena dampak badai Hanna untuk membantu penduduk sipil.

Sementara itu, portal noticieros.televisa.com melaporkan bahwa sapi-sapi yang terseret banjir itu ada di Nayarit, sebuah negara bagian Meksiko. Kengerian badai Hanna tidak hanya mengakibatkan kerusakan serius di timur laut Meksiko, tetapi juga di wilayah barat Meksiko. Hujan deras membuat Sungai El Conchal yang terletak di Zacualpan meluap.

Baca juga:

Sedikitnya 10 ekor sapi terperangkap dan kemudian hanyut oleh derasnya arus banjir. Penjelasan itu dilengkapi video sapi-sapi terseret banjir. Anda dapat melihatnya di bit.do/SapiDiNayarit.

Hujan dengan intensitas tinggi sebenarnya juga mengguyur kawasan Kulonprogo beberapa hari lalu. Bahkan, dua jembatan di Kelurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulonprogo, rusak setelah diterjang banjir bandang pada Rabu (21/10). Namun, tidak ada sapi-sapi yang hanyut terbawa banjir seperti dalam video yang diunggah akun Facebook Djoko S. Arko.


FAKTA

Video belasan sapi yang terseret banjir itu merupakan rekaman kejadian di El Conchal saat badai Hanna melanda Nayarit, Meksiko, pada pertengahan Juli 2020.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : zam/c17/fat



Close Ads