alexametrics

Dear Produsen Hoaks, Ini Bukan Sri Mulyani Tapi Benedita Oliveira

23 Juni 2021, 05:48:01 WIB

HOAX tentang vaksinasi Covid-19 dengan suntikan kosong masih ditemukan di media sosial. Bahkan, kali ini kabar itu menyebutkan bahwa yang mendapatkan suntik vaksin kosong tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Agar lebih meyakinkan, kabar itu dilengkapi video penyuntikan vaksin terhadap seorang perempuan yang sekilas ”mirip” Sri Mulyani.

”Kamera tdk bisa di bohongi. Mari kita ketawa Sri mulyami suntik vaksin tp nggak ada vaksinnya perhatikan jarum suntiknya,” tulis pengguna akun WhatsApp di sebuah grup. Video serupa juga diunggah di Facebook oleh akun Abi Gusnur yang dengan terang-terangan menyebut bahwa perempuan itu adalah Menkeu (bit.ly/MenkeuVakinPrank).

Video berdurasi 28 detik itu memperlihatkan proses penyuntikan vaksin kepada seorang perempuan berkacamata dan bermasker yang diklaim sebagai Sri Mulyani. Saat jarum suntik diperbesar, sepertinya memang tidak berisi cairan. Petugas kesehatan terkesan hanya menancapkan jarum suntik, kemudian menarik plunger dan menekannya kembali.

Saat ditelusuri, video serupa banyak tersebar di YouTube dengan bahasa Portugis dan Inggris. Contohnya, yang diunggah kanal YouTube O POVO Online pada 21 Januari 2021. Judul video tersebut justru mematahkan narasi yang menyebut bahwa vaksinasi itu palsu. Kanal tersebut menjelaskan, vaksinasi dilakukan di Kotamadya Quixada, Brasil. Karena dosisnya sangat sedikit, cairan vaksin seperti tidak terlihat di dalam suntikan. Anda dapat membacanya di bit.ly/VaksinasiBrazilAsli

Portal tabloid asal Brasil, opovo.com.br, juga mengulas video itu. Mereka memastikan bahwa tuduhan vaksinasi palsu di Quixada sangat menyesatkan. Pemerintah Kota Quixada bahkan telah melaporkan kabar bohong tersebut ke kepolisian. Dijelaskan pula bahwa dosis vaksin yang disuntikkan dalam video itu hanya 0,5 ml sehingga terkesan tidak terlihat.

Lantas, siapakah perempuan berkacamata yang disuntik vaksin itu? Portal O Povo menyebut perempuan tersebut merupakan Sekretaris Dewan Kesehatan Kota Benedita Oliveira. Jelas kan? Perempuan itu bukanlah Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Anda dapat membacanya di bit.ly/VideoRekayasa.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c6/fat

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads