alexametrics

Video Tentara Prancis di Afghanistan, Bukan Perang di Ukraina

4 Maret 2022, 05:48:23 WIB

BERSELIWERAN video-video dan gambar di media sosial yang asal saja disematkan atau dihubungkan dengan konflik Rusia-Ukraina. Padahal, tidak ada hubungannya sama sekali. Seperti video pertempuran yang terekam menggunakan action camera dari salah satu kamera tentara. Katanya, rekaman itu merupakan pertempuran pasukan Ukraina dengan Rusia.

”Video amatir perang Rusia Vs Ukraina,” tulis akun Facebook AfifAlfhat pada Minggu (27/2). Video berdurasi 8 menit 27 detik tersebut memperlihatkan suasana serangan langsung. Beberapa prajurit tampak berkali-kali memuntahkan peluru (bit.do/PerangRusiaUkraina).

Sejak awal, video yang sudah dibagikan 153 kali itu memperlihatkan banyak kejanggalan. Pasalnya, lokasi pertempuran terlihat panas. Bahkan tak menunjukkan situasi Ukraina yang tengah memasuki musim dingin.

Selain itu, jika melihat video yang sudah tayang lebih dari 53 ribu kali tersebut dengan saksama, tentu kejanggalan makin bertambah banyak. Sebab, situasi pertempuran memperlihatkan kondisi di gurun.

Saat ditelusuri, tayangan pertempuran itu jelas tidak terjadi di kawasan Ukraina. Video identik serupa dengan unggahan akun Facebook AfifAlfhat tersebut diunggah beberapa kanal YouTube. Hanya, tayangan akun itu diubah dengan teknik mirror.

Salah satunya diunggah kanal YouTube LegioPatriaNostra pada 28 September 2014. Judulnya berbunyi French Foreign Legion Engage Taliban in Afghanistan! Tayangan mirip dan identik itu dapat dilihat pada detik ke-58 (bit.do/LegiunPrancis2014).

Jika kurang yakin, penelusuran lain memperlihatkan tayangan dengan durasi lebih panjang oleh kanal YouTube WarLeaks-Military Blog pada 5 Agustus 2021. Judulnya berbunyi French Foreign Legion in Heavy Combat with Taliban in Afghanistan.

Adegan menunjukkan unit elite Legiun Asing Prancis dalam beberapa baku tembak intens dan keterlibatan dengan pejuang Taliban. Legiun Asing Prancis (Légion Etrangère) adalah cabang militer Angkatan Darat Prancis. ”Legiuner dianggap sebagai prajurit infanteri elit yang sangat terlatih,” tulis kanal tersebut. Anda dapat melihatnya di bit.do/LegiunAsingPerancis.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads