alexametrics

Berkunjung ke Museum 10 Nopember Surabaya setelah Dibuka Lagi

27 April 2021, 07:48:39 WIB

Museum-museum di Kota Surabaya dibuka lagi setelah setahun mati suri. Tentu saja, aturan masuknya berbeda dengan sebelum pandemi. Selain wajib membeli tiket secara online, pengunjung tidak boleh berlama-lama di dalam museum.

EKO HENDRI SAIFUL, Surabaya

PENJAGAAN kompleks Tugu Pahlawan lebih ketat daripada sebelumnya. Tak tanggung-tanggung, ada tiga petugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya yang stand by di pintu masuk untuk mencegat setiap pengunjung.

Perannya beragam. Ada yang memeriksa suhu pengunjung. Ada pula yang bertugas membukakan pintu untuk setiap wisatawan. Satu orang ditugasi secara khusus untuk menginterogasi pengunjung.

Dia menanyai setiap orang yang akan masuk ke lokasi wisata secara detail. Mulai tempat tinggal, tiket, hingga keperluan masuk.

Beberapa pertanyaan menjurus pada kesehatan pengunjung.

’’Sekarang alur masuknya berbeda. Tiketnya tak berbentuk lembaran,” kata Damar Tri, petugas Disbudpar Kota Surabaya, kepada Jawa Pos. Pemuda asli Surabaya itu menegaskan bahwa pemesanan tiket hanya bisa dilakukan secara online. ’’Tidak bisa, Mas. Harus tetap lewat website dulu,” tegas Damar saat Jawa Pos melobi untuk memesan tiket secara manual.

Damar lantas mengajarkan cara mendapatkan tiket lewat online. Prosedur diawali dengan membuka situs https://tiketwisata.surabaya.go.id. Di laman itu, pengunjung akan menemukan beberapa tempat wisata di Kota Pahlawan yang sudah dibuka untuk umum. Di bawahnya ada tulisan cek kuota dan pesan sekarang.

Jika sudah mengeklik kata-kata pesan, akan muncul tanggal dan sesi kunjungan. Pembaca laman diarahkan untuk memilih salah satu. Mereka lantas diminta mengisi nama, nomor handphone, e-mail, alamat, nomor induk kependudukan (NIK), dan jumlah pesanan.

Di laman tersebut, pemkot juga membeberkan ketentuan syarat kunjungan untuk masuk destinasi wisata. Misalnya, wajib menjaga kebersihan dan jaga jarak. Ketentuan itu harus disetujui sebelum pemesan mendapatkan barcode.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Saksikan video menarik berikut ini:





Close Ads