alexametrics

Perluas Pasar Ekspor, Kemendag Gelar Trade Expo Indonesia

19 Oktober 2021, 21:33:41 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengagendakan sejumlah rencana program dan kegiatan strategis dalam rangka pemulihan ekonomi nasional setelah mengalami pukulan pandemi Covid-19. Salah satunya, melalui penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) edisi digital.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Miftah Farid mengatakan, kegiatan ini merupakan terobosan strategis untuk meningkatkan promosi produk dan jasa ekspor Indonesia melalui platform pameran virtual.

Ia menjelaskan, Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional, yang menampilkan produk dan jasa terbaik Indonesia yang berorientasi pasar ekspor. Pada tahun ini, TEI merupakan ajang ke-36, akan diselenggarakan pada 21 Oktober 2021-4 November 2021 untuk online interactive, sementara showcase akan terus berlangsung hingga 20 Desember 2021.

“Kita akan menghidupkan kembali perdagangan global, yang sempat mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (19/10).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Tresuri dan Internasional Henry Panjaitan mengatakan, dalam mendukung ekspor Indonesia, melalui jaringan kantor cabang luar negeri di 6 negara diharapkan dapat menjadi gate to International trade and global market.

“Sehingga kantor cabang luar negeri tersebut akan engage dengan asosiasi atau komunitas yang membutuhkan produk-produk di Indonesia dalam proses business matching antara pasar Internasional dengan UMKM Indonesia,” jelasnya.

Sedangkan dukungan BNI dalam dalam membantu UMKM naik kelas Go Global dan mendorong kinerja ekspor diantaranya dengan menyediakan layanan BNI Xpora. Tidak hanya support jaringan di dalam dan di luar negeri, namun BNI juga memberikan dukungan dalam bentuk pembiayaan, layanan transaksi berbasis digital dan kemudahan akses informasi untuk meningkatkan peluang memasuki pasar global.

“Semoga dengan dilaksanakannya acara ini, dapat terus menjadi sumber informasi bagi importir dalam mengakses dan mengenal produk Indonesia serta memberikan kesempatan yang baik untuk exporter untuk memperluas jangkauannya di pasar internasional,” pungkas Henry.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads