alexametrics

Pemerintah Kejar Target Dana Abadi Riset Rp 100 Triliun

19 Agustus 2021, 22:48:27 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mulai menyisihkan anggaran untuk mengisi dompet dana abadi riset atau penelitian. Saat ini jumlah yang tersimpan masih Rp 5 triliun.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menyampaikan pemerintah mengejar target dana abadi riset mencapai Rp 100 triliun. Mantan kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu menyampaikan dana abadi riset atau penelitian merupakan amanah dari UU 11/2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

“Target dana pokok sama dengan dana abadi pendidikan. Yaitu Rp 100 triliun,” katanya Rabu (19/8).

Handoko mengatakan dana abadi riset saat ini masih terkumpul Rp 5 triliun. Dana itu dikumpulkan sejak 2019 lalu. Dia menjelaskan pengelolaan dana abadi riset itu berada di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hampir sama dengan pengelolaan dana abadi pendidikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kemenkeu. Dia menjelaskan tahun depan DPR mengusulkan simpanan pokok dana abadi riset ditambah lagi Rp 5 triliun.

Nantinya hasil pengelolaan atau imbal hasil pengelolaan dana abadi riset diserahkan ke BRIN. Kemudian oleh BRIN disalurkan ke sejumlah lembaga riset untuk dana hibah riset kompetitif.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan




Close Ads