alexametrics

Segini Anggaran Liburan Orang Indonesia ke Luar Negeri Sebelum Pandemi

19 Februari 2021, 21:35:13 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mendorong masyarakat Indonesia untuk berwisata di negeri sendiri. Mendorong wisatawan domestik saat ini menjadi strategi baru bisnis pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu mengungkapkan, pengeluaran wisatawan domestik yang digunakan untuk berlibur cukup besar.

Bahkan total alokasi pengeluaran masyarakat Indonesia untuk liburan ke luar negeri dapat mencapai mencapai USD 10 miliar dalam setahun.

“Kita melihat bahwa di domestik banyak wisatawan yang keluar negeri. Nilainya sampai USD 10 miliar,” ujarnya secara virtual, Jumat (19/2).

Terkait itu, pemerintah ingin pengeluaran sebesar itu dapat dibelanjakan untuk mengunjungi obyek wisata di tanah air. “Nah ini mau dikembangkan bagaimana agar itu yang dikeluarkan ke luar negeri, uangnya bisa didorong ke dalam negeri di domestik,” ucapnya.

Odo mengatakan, saat ini pemerintah sedang membuat kampanye Bangga Berwisata di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong orang Indonesia di destinasi lokal.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads