alexametrics

Sandiaga Percaya Big Data Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan

19 Januari 2021, 11:00:38 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, pengelolaan data bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan jika dikelola dengan baik. Karena itu, penggunaan teknologi big data sebagai acuan memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu langkah strategis Kemenparekraf.

Sandiaga mencontohkan, melalui big data diketahui minat turis ke Lombok tidak hanya mengunjungi spot-spot wisata unggulan seperti Mandalika atau gili saja. Tapi ada daerah-daerah lain yang disambangi juga.

“Dari data yang kita dapat, misalnya di NTB, ternyata minat itu bukan hanya di wilayah Mandalika saja. Tetapi, ada juga minat di Rinjani, Sengigi, dan Sumbawa. Itu kita dapatkan dari big data,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Tak hanya bisa mengukur minat wisatawan, melalui big data juga diketahui masyarakat dan pemangku kepentingan di Lombok menginginkan status bandara internasional di wilayahnya. Berdasarkan big data, ada peningkatan kunjungan kala ada penerbangan langsung dari dan ke luar negeri.

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Pilih Tak Banyak Bicara

Baca Juga: Luhut: Tragedi Sriwijaya Air Harus Jadi Evaluasi

“Mengenai direct flight, kita cek sesuai bahwa direct flight dari beberapa tempat ke Lombok ini meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, penggunaan big data sebagai basis mengambil kebijakan sangat membantu pihaknya dalam memajukan sektor pariwisata di Tanah Air.

“Jika kita mengambil kebijakan berbasis data, menggunakan big data, analytics kita akan sangat terbantukan,” ujar mantan Wagub DKI Jakarta itu.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads