alexametrics
Gaungkan Finansial yang Lebih Baik

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

10 November 2021, 13:11:47 WIB

JawaPos.com – Generasi sandwich merupakan salah satu generasi terbanyak saat ini yang merupakan kumpulan dari sejumlah generasi, mulai dari generasi X, milenial dan Z. Mereka adalah generasi yang mempunyai tanggungan untuk orang tua dan anak.

Mengingat nilai kekeluargaan yang lekat di masyarakat Indonesia untuk berbakti kepada orang tua ketika sudah dewasa, termasuk mendukungnya secara finansial ketika orang tua mereka sudah memasuki usia lanjut. Ini lah yang mendasari terbentuknya generasi sandwich.

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS), statistik penduduk lanjut usia 2020 menyebutkan bahwa 78,27 persen sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja. Sementara Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan, 62,64 persen kaum lanjut usia di Indonesia tinggal bersama anak cucunya.

Hal ini pun menunjukkan cukup banyak orang Indonesia usia produktif yang menopang orang tua lanjut usia, sekaligus menopang dirinya sendiri dan anak atau bahkan saudara. Tanggung jawab untuk menghidupi dua pihak acap kali menjadi polemik, antara rasa bangga bisa membantu keuangan keluarga, namun berat terhimpit banyaknya tanggungan yang harus dicukupi.

Berdasarkan survei Katadata Insight Center untuk Astra Life pada September lalu terhadap 1.828 responden berusia 25-45 tahun di seluruh Indonesia, ditemukan sebanyam 83,6 persen sandwich generation di Indonesia percaya kalau mereka mampu merawat tanggungan dengan baik.

Namun faktanya hanya 13,4 persen yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi. Kondisi inilah yang membuat PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen-Dimulai Dari Kamu.

“Melalui kampanye ini, kami ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam sandwich generation untuk memulai perubahan menjadi lebih baik dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial,” ungkap Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi dalam keterangannya dikutip, Rabu (10/11).

“Karena tentunya kita tidak mau mengurangi tanggung jawab kepada keluarga, tapi dengan perencanaan keuangan yang baik seperti memiliki asuransi dapat memperbesar kekuatan kita untuk menanggung dan membahagiakan mereka yang kita cintai,” sambungnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads