JawaPos Radar

Target Kredit Kepemilikan Rumah BTN di Solo Jeblok

10/08/2018, 06:10 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Branch Manager BTN Kantor Cabang Solo, Rr Anggraini
JEBLOK: Branch Manager BTN Kantor Cabang Solo, Rr Anggraini saat memberikan keterangan. (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bank Tabungan Negara (BTN) gagal mencapai target pembiayaan melalui kredit pemilikan rumah (KPR). Bahkan pada semester pertama ini, capaian BTN baru mencapai Rp 160 miliar, dari target setahun yang mencapai Rp 560 miliar. Kondisi perekonomian yang sedang lesu dituding menjadi salah satu penyebabnya. 

Branch Manager BTN Kantor Cabang Solo, Rr Anggraini menjelaskan, saat ini kondisi perekonomian masih belum stabil. Hal inilah yang kemudian berdampak pada minimnya pembiayaan KPR yang bisa tersalurkan.

"Selain kondisi perekonomian yang masih lesu, kesiapan pengembang dalam menyediakan unit juga menjadi faktor penyebabnya," urainya, Kamis (9/8). 

Anggraini menambahkan, bahkan sampai saat ini masih ada lebih kurang 400 unit rumah bersubsidi yang sudah disetujui permohonannya. Akan tetapi, lantaran pembangunan yang belum rampung belum bisa dilakukan akad kredit.

"Sebenarnya kami sudah menyetujuinya, tetapi akad kredit tetap belum bisa dilakukan karena pengembang belum menyelesaikan pembangunannya," ucapnya. 

Sementara itu, untuk mengejar target tersebut BTN sudah menyiapkan berbagai promo. Salah satunya yakni dengan hadirnya promo kemerdekaan. Dalam promo ini BTN memberikan diskon hingga 73 persen untuk biaya profisi dan administrasi. "Untuk besaran diskon kami sengaja menyesuaikan dengan HUT 73 RI," katanya. 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up