alexametrics

Deposito Turun, DPK Tumbuh

2 Oktober 2021, 22:33:57 WIB

JawaPos.com – Penurunan tingkat bunga penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berdampak terhadap penempatan dana masyarakat di deposito perbankan. Meski begitu, dana pihak ketiga (DPK) perbankan justru meningkat.

Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rudi As Aturridha menuturkan, total simpanan berjangka (deposito) mengalami penurunan sebesar -21,72 persen year-on-year (YoY). Penurunan tersebut merupakan bagian dari strategi pengelolaan likuiditas (liquidity management) Bank Mandiri yang menitikberatkan pada peningkatan dana murah alias current account and saving account (CASA). Sehingga dapat menekan biaya dana atau cost of fund.

Rudi mengatakan, suku bunga deposito rupiah Bank Mandiri saat ini (Agustus 2021) terjaga di level 2,70 persen per annum untuk seluruh tenor. “Suku bunga ini bila dibandingkan periode bulan Agustus 2020 turun secara bertahap dari semula yang sebesar 4 sampai 4,25 persen per annum,” katanya kepada Jawa Pos, Sabtu (2/10).

Di sisi lain, total DPK perseroan meningkat 7,85 persen. Untuk menjaga pertumbuhan DPK Bank Mandiri secara aktif terus mengembangkan layanan transaksi keuangan agar tetap dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah. Keunggulan produk DPK Bank Mandiri terletak pada kemudahan transaksi menggunakan kartu debit. Baik pada merchant offline dan online di dalam negeri maupun luar negeri serta aksebilitas lengkap layanan e-channel Bank Mandiri. Meliputi Mobile Banking Livin’ by Mandiri, SMS Banking, ATM, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Cash Management, serta fitur loyalty mandiri fiestapoin.

Rudi menjelaskan, pihaknya juga memiliki diversifikasi produk yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan perbankan nasabah. Misalnya, untuk produk tabungan terdapat produk Mandiri Tabungan Bisnis yang ditujukan bagi nasabah pebisnis. Tabungan tersebut dilengkapi dengan fitur gratis transaksi untuk menunjang kelancaran bisnis nasabah. Bagi nasabah payroll pun tersedia produk Mandiri Tabungan Payroll yang dilengkapi dengan solusi payroll package yang lengkap.

“Di samping itu, berbagai penyesuaian termasuk pengembangan digital juga dilakukan. Pembukaan rekening tabungan Bank Mandiri kini sudah hadir secara elektronik sehingga memudahkan karena dapat diakses nasabah dimana saja hanya dengan scan QR code #gakpakedonlot,” terangnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Agas Putra Hartanto

Saksikan video menarik berikut ini: