alexametrics

Sidak Kejari Sidoarjo, Stok Beberapa Obat Kosong, Harga Jual Normal

21 Juli 2021, 20:27:00 WIB

JawaPos.com – Rumah sakit rujukan Covid-19 di Sidoarjo masih penuh oleh pasien. Meski begitu, stok obat-obatan dan tabung oksigen hingga Selasa (20/7) tidak bermasalah. Hanya, di beberapa apotek, ada sejumlah obat yang stoknya kosong. Demikian hasil pemantauan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo.

Menurut keterangan Direktur RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP kepada Kajari Sidoarjo Arief Zahrulyani dan Kasi Intel Kejari Sidoarjo Aditya Rakatama, stok obat di RS selama ini tidak mengalami kendala. ’’Beberapa obat tidak tersedia karena memang belum ada pengiriman,’’ kata Aditya.

Hal serupa terjadi di beberapa apotek di Kota Delta. Misalnya, apotek K-24 di Jalan Pahlawan, Sidoarjo. Untuk jenis obat Favipiravir/Avigan dan injeksi Remdesivir, tidak ada stok sama sekali. Sementara itu, jenis obat kapsul Oseltamivir dan tablet Ivermectin kosong dua minggu terakhir.

’’Jenis obat tablet dan infus Azithromycin 500 mg juga kosong seminggu terakhir. Selama ini, mereka masih menjual obat-obatan dengan harga wajar,’’ lanjut Aditya. Total ada 11 obat yang dicek stoknya. Hanya tiga jenis yang kosong. Sebelas obat itu biasanya dikonsumsi pasien Covid-19.

Selain memantau ketersediaan obat, pihak kejaksaan memastikan stok tabung oksigen. Menurut penyedia oksigen, kebutuhan oksigen terus meningkat. Banyak warga yang membutuhkan. ‘’Oksigen yang tersedia dalam waktu sebentar bisa habis. Bukan cuma rumah sakit yang butuh, tapi juga warga yang isolasi mandiri,’’ ujarnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c18/any

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads