alexametrics

Kemenkominfo: 9,4 Juta UMKM Sudah Go Online

15 Maret 2020, 16:18:37 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memberi dampak perekonomian. Diyakini jika produk yang lahir dari provinsi dan kabupaten kaya ragam bisa meraih tempat di pasar global.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, mengungkapkan, dari total 60 juta jumlah UMKM yang ada di Indonesia sudah sekitar 9,4 juta UMKM go online.

“Kominfo memiliki program 8 juta UMKM go online. Alhamdulillah tahun ini kita sudah mencapai 9,4 juta sudah masuk ke ranah online,” katanya disela-sela acara Digitalk, di ITS Surabaya, Jumat (13/3).

Digitalk bertajuk “Pasar Digital Lokal Raih peluang Global”, tersebut untuk mengajak seluruh masyarakat penggerak UMKM supaya memanfaatkan kesempatan untuk berjualan di pasar internasional. Menurut Septriana, UMKM yang ada di Indonesia mampu menopang ekonomi bangsa ditengah gonjang-ganjingnya situasi ekonomi global.

Apalagi jika para pelakunya memanfaatkan peluang didunia digital. “Harapan kita dengan merket berjualan di market place bisa meningkatkan pendapatan produk domestik bruto (PDB) yang ada di Indonesia,” kata dia.

Kominfo mencatat, industri digital di Indonesia bakal mencapai USD 130 miliar pada 2020. Itu setara dengan Rp 1.875 triliun. Sedangkan e-commerce, bakal menyumbang sebesar 50 persennya melalui transaksi belanja online di kawasan Indonesia atau Asia.

Sementara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengingatkan ada beberapa hal yang sangat penting terkait go digital. Terutama, jika para pelaku UMKM ingin memasarkan produknya di marketplace. Selain kemasan menarik, Risma juga mengingatkan soal hak paten dan merek.

“Jadi yang paling penting saat mulai memasuki pasar global dengan era digital, harus punya paten dan merek. Sekali kita lepas, maka peluang itu akan dipakai orang yang mempunyai paten dan merek,” tuturnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : pgh




Close Ads