Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Mari Hidup Sehat! Bebaskan Diri dari Penyakit dengan 10 Langkah Mudah

| editor : 

Hari Kesehatan Sedunia: Lakukan 10 Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Bugar.

Hari Kesehatan Sedunia: Lakukan 10 Cara Mudah Agar Tubuh Tetap Bugar. (Boldsky)

JawaPos.com - Dunia akan memperingati Hari Kesehatan Internasional pada 7 April nanti. Tentunya, untuk menjadikan penduduk global lebih sehat dibutuhkan kesadaran dan tekad yang kuat.

Diperkirakan separuh penduduk dunia kekurangan akses mendapatkan layanan medis yang sesuai, menurut data organisasi kesehatan dunia WHO. Sedangkan 100 juta orang lainnya dipaksa menjadi miskin dengan membayar tagihan atau layanan medis.

WHO menargetkan lebih dari 1 miliar orang mendapatkan akses layanan kesehatan yang mereka butuhkan pada tahun 2023. Maka, untuk mencegah dari jatuh sakit lakukanlah 10 langkah mudah menjaga tubuh tetap sehat dan bugar seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (5/4).

(Istimewa)

Cukup Tidur

Tidur memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur berdampak buruk terhadap metabolisme, konsentrasi, suasana hati, memori, keterampilan motorik, hormon stres, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan jantung. Tidur membantu tubuh untuk menyembuhkan, memperbaiki, dan meremajakan diri. Cukup tidur setidaknya 8 jam diperlukan untuk tetap bugar dan sehat.

Buang Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang harus dihentikan adalah merokok, narkoba, alkohol, seks yang tidak aman dan tidak sehat. Untuk menjalani hidup yang sehat, seseorang perlu mempertahankan gaya hidup sehat, yang meliputi melakukan yoga, meditasi, dan mengonsumsi makanan yang tepat. Batasi makan makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, alkohol, dan gula rafinasi (refined sugar).

Cek Kesehatan Reguler

Pergi ke dokter 3 sampai 4 bulan sekali untuk memastikan tubuh lebih bugar. Lakukan pemeriksaan payudara atau penis dan kesehatan organ dalam.

Olahraga

Olahraga kardiovaskular membantu memperkuat jantung dan paru-paru, latihan kekuatan memperkuat otot dan latihan peregangan mengurangi risiko cedera dengan meningkatkan fleksibilitas. Berolahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi dan kesadaran tubuh serta dapat memerangi depresi. Ambil 10 menit dari jadwal harian untuk berjalan kaki.

Makan Makanan Sehat

Sertakan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian dalam diet sebanyak mungkin. Konsumsi sumber protein tanpa lemak seperti unggas, ikan, kacang-kacangan, dan tahu. Cobalah makan makanan seimbang. Camilan pada makanan utuh seperti kacang, sayuran, dan buah-buahan, dan hindari makanan olahan yang mengandung pemanis buatan atau gula yang berlebihan.

Minum Air

Hidrasi dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik. Sebagian besar makanan mengandung cairan yang akan membantu menjaga tubuh terhidrasi dan segar. Buah-buahan seperti mentimun, semangka, mangga, pir, mengandung air di dalamnya. Buah-buahan ini akan membantu membersihkan organ dan sistem pencernaan serta menghilangkan racun keluar dari tubuh.

Kurangi Stres

Stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dari gangguan jantung hingga masalah pencernaan. Untuk mengelola stres, berolahraga, meditasi, yoga, atau lakukan hobi serta liburan bisa mengurangi stres.

Sarapan

Sarapan yang sehat akan memberi energi bagi tubuh agar bugar dalam menjalani aktivitas.

Ekspresikan Diri

Curhat kepada keluarga atau lingkungan bisa membantu diri mengurangi beban. Hal itu akan menjauhkan diri dari masalah sulit tidur, depresi, gangguan makan, dan hingga sakit fisik.

Perubahan Pola Makan

Buatlah target dalam piring makan agar mengonsumsi segala porsi dengan ukuran gizi seimbang, baik karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein.

(ika/ce1/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP