Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
Pendidikan

Permintaan Kak Seto Kepada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

| editor : 

Hari Guru Nasional 2017, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Guru Miskin,

Kak Seto ketika bersama anak-anak dalam sebuah acara dengan Bupati Landak Karolin Margret. (Antonius/Rakyat Kalbar)

JawaPos.com - Banyak harapan yang diinginkan semua pihak ketika peringatan Hari Guru Nasional 2017 ini. Harapan itu, agar peserta didik tidak lagi menjadi korban kekerasan guru, sang guru tak lagi mendapat perlakuan kurang layak sebagai tenaga pendidik.

‎Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi meminta kepada seluruh pahlawan tanpa tanda jasa itu memberikan penghargaan kepada siswa yang lebih efektif. Dengan penghargaan itu si anak bisa menjadi lebih patuh.

"Penghargaan tidak harus melulu berbentuk barang. Senyuman, pujian, belaian juga amat dalam masuk ke hati anak-anak didik kita," ungkap pria yang biasa disapa Kak Seto itu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/11).

‎Kak Seto mengungkapkan, jika sanksi tetap perlu diberikan, maka dipastikan hukuman yang dijatuhkan terbebas dari unsur dendam. "Bayangkan anak-anak yang ih, susah amat ya, itu punya masa depan. Agar mereka bisa meniti ke masa itu, kepentingan mereka hari ini harus dijaga," ungka Kak Seto.

Alangkah baiknya jika setiap sanksi yang diberikan oleh para guru juga turut melibatkan orang tua siswa. Sebab, Kak Seto menilai proyek yang harus dikerjakan bersama keluarga adalah contoh sanksi yang baik.

"Inilah wujud restorative justice, bahwa anak yang dianggap bermasalah tidak terlepas sama sekali dari pertanggungjawaban orang tua dan keluarganya," tutur Kak Seto.

Lebih jauh Kak Seto menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada para guru yang tak hentinya menularkan ilmu-ilmunya untuk terus mendidik generasi muda penerus bangsa.

"Terima kasih, Bapak dan Ibu Guru yang kami banggakan. LPAI kirim doa tulus terbaik di Hari Guru ini, agar Bapak dan Ibu senantiasa bahagia di dunia dan punya jalan istimewa untuk memasuki gerbang surga," pungkasnya.

(cr5/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP