alexametrics

PKBM PPI Taiwan Ada di Tiga Kota

11 Desember 2017, 21:25:43 WIB

JawaPos.com – Demi memaksimalkan pemerataan pendidikan kesetaraan yang jamak digunakan para pekerja migran Indonesia, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) PPI Taiwan hadir di tiga kota di Taiwan.

Pertama, adalah Tapei, yang juga sebagai kantor pusat (di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia) menjangkau wilayah Keelung, Taipei, New Taipei City, Yilan, Taoyuan, Hsinchu, dan Hualien. Kedua adalah Taichung, yang menjangkau Taichung, Changhwa, Nantou, Miaoli dan Yunlin. Terakhir, Kaohsiung yang harapannya dapat juga menjangkau daerah Chiayi, Tainan, Kaohsiung, Pingtung, dan Taitung.

Sekretaris Jenderal PPI Taiwan Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha mengatakan Saat itu PKBM PPI Taiwan tak lagi hanya mengandalkan program Kejar Paket C saja sebagai modal utama pelayanannya, akan tetapi merambah pada program Kejar Paket A (setara SD), Kejar Paket B (setara SMP), dan juga program pelatihan keterampilan. Hingga pada akhirnya prestasi terbesar dari PKBM PPI Taiwan berhasil ditorehkan pada Oktober 2017 lalu.

Atas kerjasama yang dijalin kembali antara PKBM PPI Taiwan dengan Bhakti Jaya Indonesia, akhirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) perdana tahun 2017 berhasil diselenggarakan di Taiwan yang diikuti oleh 16 siswa program Kejar Paket C.

’’Kini pendidikan kesetaraan memang benar-benar setara, tak ada lagi sekat dan pembeda antara pendidikan normal berjenjang dengan kesetaraan, buktinya kalian (PKBM PPI Taiwan) bisa melaksanakan UNBK dengan standar yang sama dengan pendidikan formal di tanah air,’’ kata Subi Sudarto MSi kepala seksi Pendidikan Berkelanjutan, Subdit Pendidikan Kesetaraan dan Pendidikan Berkelanjutan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan (Kemendikbud RI) yang hadir pada saat UNBK di KDEI Taipei. (*)

Editor : admin

Reporter : (ina/JPC)


Close Ads
PKBM PPI Taiwan Ada di Tiga Kota