alexametrics

Indonesia Indicator Sebut Gibran Wali Kota Terpopuler

30 Desember 2021, 14:00:10 WIB

JawaPos.com–Indonesia Indicator (I2) menyebutkan Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, sebagai wali kota terpegah (terpopuler) di media online dengan 28.582 berita sepanjang 2021. Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak artificial intelligence (AI) mencatat kinerja para kepala daerah sepanjang 1 Januari–19 Desember 2021, yang terekam dari 28.779.574 berita yang diekspose 6.470 media siber di Indonesia.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang seperti dilansir dari Antara mengatakan, pemberitaan Gibran menjadi yang paling besar sepanjang 2021. I2 menobatkan 10 nama kepala daerah di Tanah Air sebagai Wali Kota dan Bupati Terpegah dan Paling Berpengaruh 2021 di media massa serta media sosial, termasuk Gibran.

Rustika menjelaskan, Popularitas Gibran terdongkrak karena kerap dikait-kaitkan dengan ayahnya, Presiden Joko Widodo. ”Sidak yang kerap dilakukan Gibran saat mengontrol jalannya pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah, blusukan ke pasar, serta mengawal penyaluran vaksinasi Covid-19 mengisi varian pemberitaan,” terang Rustika saat memaparkan hasil riset bertajuk Wali Kota dan Bupati Terpegah dan Berpengaruh 2021.

Menurut dia, umumnya para Wali Kota Terpegah dan Berpengaruh 2021 itu dikutip dan diberitakan melalui penanganan Covid-19 gelombang kedua di daerah masing-masing. ”Di antaranya dalam upaya memperketat prokes melalui PPKM, kebijakan ganjil-genap kendaraan dan penutupan jalan, pembelajaran tatap muka (PTM), ketersediaan ranjang rumah sakit/obat/oksigen, bantuan Covid-19, dan percepatan penyaluran vaksinasi Covid-19, selain masalah-masalah terkait pemulihan perekonomian daerah,” papar Rustika.

Selain itu, menurut Rustika, media memberi sorotan terhadap aksi nyeleneh Gibran membagi-bagikan beras menggunakan kendaraan pribadi untuk urusan di luar pekerjaan dan cara berjalannya. Kabar Gibran positif Covid-19 hingga harus menjalani isolasi mandiri tidak luput dari perhatian media.

Posisi kedua Wali Kota Terpegah 2021 ditempati Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan 23.496 berita. ”Sama halnya dengan Gibran, pamor Bobby sering dikaitkan dengan posisi mertuanya, Presiden Jokowi. Meski demikian, media banyak merekam aktivitas positif Bobby di dunia olahraga, kepedulian terhadap UMKM, hingga hubungan panas dingin dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi,” tutur Rustika.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads