alexametrics

Mahfud MD Tegaskan Kondisi Papua Aman Terkendali

29 Januari 2022, 10:13:17 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Papua saat ini masih dalam kondisi kondusif. Hal ini dikatakan Mahfud usai melakukan rapat bersama dengan TNI dan Polri setelah muncul dua insiden di Bumi Cenderawasih.

“Kami bicarakan ini semua tadi yang kesimpulannya, alhamdulillah sekarang aman terkendali,” ujar Mahfud dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (29/1).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menegaskan bahwa insiden tersebut bukan karena bersinggungan dengan motif suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak mengaitkannya dengan motif SARA.

“Mohon jangan dikembang-kembangkan, tidak ada motif SARA. Di Papua Barat itu adalah kasus tempat hiburan, orang konflik mencari hiburan di sana. Lalu ada perkelahian ada rumah dibakar, tempat hiburan dibakar, 17 orang meninggal,” katanya.

Sementara itu, mengenai tiga prajurit TNI yang tewas ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Mahfud mengatakan itu karena dampak perubahan situasi yang dilakukan oleh militer. Pasalnya TNI kini bersifat defensif.

“Memang itu perubahan situasi baru di dalam pendekatan baru. Sekarang TNI bersifat defensif tidak ofensif,” ungkapnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads