alexametrics

Nadiem Makarim: Riset dan Teknologi Sangat Dekat dengan Hati Saya

28 April 2021, 17:10:11 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek). Sebelumnya, Nadiem memang telah menjabat sebagai Mendikbud. Tetapi dengan adanya nomenklatur baru, cakupan kerja Nadiem kini diperluas.

Dalam jumpa pers Nadiem mengatakan, riset dan tekonologi adalah sesuatu hal yang tidak asing baginya. Sebab sebelum menjabat sebagai Mendikbud dirinya sudah menekuni bidang riset dan tekonologi.

“Riset dan teknologi adalah suatu hal yang sangat dekat di hati. Itu merupakan suatu hal yang telah saya tekuni sebelum menjabat sebagai Mendikbud,” ujar Nadiem di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4).

Nadiem mengatakan dirinya memiliki harapan yang besar bahwa riset dan teknologi di Indonesia akan meningkatkan kualitas pada perguruan tinggi di dalam negeri. “Saya punya harapan besar untuk bisa benar-benar meningkatkan kualitas dan juga inovasi di universitas kita di perguruan tinggi kita dalam bidang riset dan teknologi,” katanya.

Nadiem menambahkan, peleburan Kemendikbud dan Kemenristek adalah baik untuk universitas. Sebab dengan adanya peleburan tersebut koordinasi akan satu pintu antara riset dan pendidikan. “Sehingga satu pintu dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Nadiem menuturkan, dirinya ditunjuk sebagai Mendikbud Ristek adalah amanah besar dari Presiden Jokowi. Sehingga dia tidak akan menyia-nyiakan tantangan baru yang diberikan kepala negara ini. “Jadi merupakan suatu tantangan baru yang pasti dan amanah ini pasti akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya dan dengan hati nurani yang tulus,” tegasnya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads