alexametrics

Menko PMK: GeNose C19 Tidak Hanya akan Digunakan di Stasiun Saja

23 Februari 2021, 16:31:09 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa rencananya alat rapid test GeNose C19 akan digunakan tidak hanya untuk kepentingan perjalanan saja. Namun, tentunya produksinya harus dimasifkan terlebih dahulu.

Akan tetapi, ia tidak menjelaskan lebih rinci terkait akan digunakan di mana saja alat deteksi Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut. GeNose ini juga akan terus dilakukan penyempurnaan sehingga penggunaannya dapat lebih efektif.

“Kemudian tentu saja kita harus bicara masalah bagaimana bisa diproduksi lebih masif. Nanti kita upayakan tidak hanya untuk kepentingan perjalanan tapi juga untuk kepentingan yang lain,” terang dia dalam telekonferensi pers, Selasa (23/2).

Kata Menko PMK, respon masyarakat terhadap pemanfaatan GeNose sangat baik. Apalagi, soal kecepatan dan tingkat akurasinya yang tinggi, jadi alat tersebut diterima dengan baik.

Baca Juga: Menag Beri Tanggapan Soal Pelaporan Terhadap Din Syamsuddin

“Dari pihak peneliti terus melakukan pengembangan penyempurnaan terhadap penemuan GeNose mudah-mudahan untuk ke depan akan semakin lebih baik,” tambahnya.

Dirinya juga menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga gembira atas pencapaian anak bangsa. Harapannya, GeNose dapat terus digunakan dengan tingkat deteksi yang semakin meningkat.

“Kita bangga dengan produk dan karya dalam negeri. Dan genose ini betul-betul 100 persen karya dalam negeri putra-putra Indonesia. Tingkat efektifnya sangat baik. Sudah teruji dan terus akan disempurnakan,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking




Close Ads