alexametrics

KPU Usulkan 3 Alternatif Tanggal Pelaksanaan Pemilu 2024

21 Januari 2022, 16:33:19 WIB

JawaPos.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid mengatakan pihaknya telah memberikan tiga alternatif usulan tanggal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Pramono mengaku telah mengirimkan surat ke DPR RI untuk bisa mengelar rapat membahas Peraturan KPU tentang tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024.

“Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara Pemilu, yakni 14 Februari 2024. Usulan ini bukanlah baru sama sekali,” ujar Pramono kepada wartawan, Jumat (21/1).

Karena itu, Pramono menuturkan, KPU mengusulkan tiga alternatif tanggal pelaksanaan Pemilu 2024. Itu di antaranya 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024.

Pramono berharap tahapan pemilu segera diputuskan agar KPU memiliki kepastian untuk melaksanakan langkah-langkah persiapan penyelenggaran pesta demokrasi tersebut.

“Seperti perencanaan anggaran, penguatan infrastruktur teknologi informasi, penyiapan regulasi peraturan-peraturan KPU, maupun sosialisasi tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya menggelar rapat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Senin (24/1). Agendanya adalah membahas jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Politikus Partai Golkar itu menyebut telah menugaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk segera menyepakati jadwal pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan nanti dengan jajaran penyelenggara pemilu. Hal ini karena masih adanya perbedaan pendapat antara pemerintah dan KPU terkait jadwal Pemilu 2024 yaitu apakah pada Februari atau Mei 2024.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads