alexametrics

Video Simulasi Vaksinasi Covid-19 Disangka Sungguhan

21 Januari 2021, 05:48:30 WIB

INFORMASI tentang efek samping vaksin Covid-19 bertebaran di berbagai media. Ada yang asli, ada pula yang palsu. Kalau tidak jeli, bisa-bisa kita tertipu. Simulasi vaksinasi dengan skenario penanganan orang yang pingsan pun dikira sungguhan.

Contohnya, video yang dibagikan ulang oleh akun Facebook Syuja Haidar pada Senin (18/1). Video itu memperlihatkan seseorang yang pingsan setelah disuntik vaksin. ’’Menurut informasi, kejadian ini terjadi di Nusa Tenggara Barat, lihat efek orang setelah mendapat suntikan vaksin,’’ tulis akun tersebut.

Sejumlah netizen membenarkan bahwa orang dalam video itu benar-benar pingsan setelah disuntik vaksin Covid-19. Misalnya, akun Facebook Mang Barnas yang membagikan ulang kabar tersebut di sebuah grup. ’’Ini fakta sesudah divaksin yg dibanggakan ebong. Mangkanya orang waras ogah divaksin. Buat ebong aja vaksinnya. Kadrun ikhlas g divaksin juga,’’ tulisnya pada hari yang sama (bit.do/EfekSuntikVaksin).

Video unggahan Syuja Haidar itu sudah di-share lebih dari 1.100 kali. Anehnya, banyak adegan yang diulang. Misalnya, membasuh lengan pria dengan tisu steril. Lalu, banyak pula orang yang merekam kejadian tersebut. Saat ditelusuri, video itu ternyata merupakan rekaman simulasi vaksinasi Covid-19. Lokasinya juga bukan di Nusa Tenggara Barat (NTB), melainkan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kanal YouTube MZAQ CHANELL pernah mengunggah video tentang situasi serupa pada 13 Januari 2021. Judulnya Simulasi Vaksinasi Covid-19 Perdana di Kantor Gubernur NTT. Dalam video itu, tampak seorang pria yang pingsan setelah divaksin, kemudian dibawa ke dalam ambulans. Tak lama, ambulans tersebut mundur, lalu pengemudi membuka pintu belakang. Selanjutnya, beberapa orang keluar dari ambulans. Termasuk pria yang tadi pingsan itu. Anda dapat melihatnya di bit.do/SimulasiVaksinNTT.

Baca Juga: HOAX, Surat Pengangkatan Guru Honorer Jadi PNS

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, apa yang ada dalam video tersebut adalah simulasi vaksinasi Covid-19. Lokasinya di halaman kantor gubernur NTT, Kupang. Penjelasan itu dimuat di sejumlah media mainstream.

FAKTA

Video yang dibagikan ulang oleh akun Facebook Syuja Haidar adalah simulasi vaksinasi Covid-19 di halaman Pemprov Nusa Tenggara Timur.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c18/fat

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads