alexametrics

Luhut: Kepastian Perpanjangan PPKM Darurat Diumumkan 2-3 Hari Lagi

17 Juli 2021, 21:26:59 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang saat ini menjabat sebagai Koordinator PPKM Darurat wilayah Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini pemerintah sedang mengevaluasi kebijakan penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat. “Saat ini kami sedang lakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dengan jangka waktu dan apakah dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut,” ujarnya secara virtual, Sabtu (17/7).

Luhut menuturkan, pihaknya akan mengumumkan secara resmi mengenai keputusan perpanjangan PPKM Darurat dalam waktu dekat. “Kami akan laporkan ke Bapak Presiden dan dalam 2-3 hari ke depan kita juga akan umumkan secara resmi,” imbuhnya.

Luhut memaparkan, terdapat dua indikator untuk menentukan periode transisi. Pertama, indikator penambahan kasus melambat. Kedua, tingkat okupansi tempat tidur di rumah sakit semakin rendah.

“Kebetulan 2 hari terakhir, kami lihat membaik dan kita juga melihat periode 14-21 hari itu kami sudah memasuki periode itu. Maka kami akan memasuki fase relaksasi berikutnya,” tuturnya.

Luhut juga memandang, terdapat beberapa daerah yang mencapai penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Hal itu dianggap sudah cukup baik dan penambahan kasusnya sudah mendatar cenderung menurun.

“Seperti DKI Jakarta, Bali juga akan menurun, penambahannya dalam 1 minggu ke depan walau mungkin masih akan naik 2-3 hari ke depan, kalau kita konsisten semua saya lihat akhir Juli posisi kita akan makin baik,” ucapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads