alexametrics

Tol Pandaan Diresmikan Jokowi, Surabaya-Malang Cuma Sejam

13 Mei 2019, 12:02:31 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, Senin (13/5). Peresmian dipusatkan di pintu gerbang Singosari, Kabupaten Malang.

Tol yang diresmikan adalah ruas seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer. Sementara untuk seksi 4-5 sepanjang 7,9 kilometer, saat ini pembangunannya masih dalam tahap konstruksi.

Dalam sambutannya Jokowi menuturkan, konstruksi untuk seksi 4-5 ditargetkan selesai tahun ini. “Maksimal akhir tahun. Syukur-syukur bisa maju,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, dioperasikannya ruas tol Pandaan-Malang bisa memperlancar arus mudik lebaran. Sebab, akan memangkas waktu tempuh secara signifikan.

“Surabaya-Malang (biasanya) bisa 3 jam. Setelah ini diperkirakan hanya 1 jam,” kata Jokowi.

Selain itu, lanjutnya, pengoperasian jalan tol juga bisa mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa. Sehingga diharapkan bisa mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan wisata di kawasan Malang Raya.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Proyek infrastruktur ini menelan investasi hingga Rp 5,9 triliun.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Folly Akbar

Close Ads