alexametrics

Jadwal Antrean Lebih Pasti, Daftar Bikin SIM Titip Bhabinkamtibmas

5 April 2022, 04:04:53 WIB

JawaPos.com – Pendaftaran pembuatan SIM kini bisa titip secara kolektif melalui bhabinkamtibmas. Salah satu kelebihannya, waktu antrean lebih pasti. Pemohon datang hanya ketika sudah ada jadwal.

Program Satlantas Polrestabes Surabaya tersebut dinamai SIM Cak Bhabin. Masyarakat kini bisa mengajukan layanan SIM secara kolektif lewat bhabinkamtibmas.

Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan menyampaikan, terobosan itu dibuat untuk semakin memudahkan masyarakat. Sebab, layanan tersebut nantinya mendapat waktu khusus. ’’Dengan program ini, pemohon tidak akan menemui antrean yang panjang,” ujarnya Minggu (3/4).

Masyarakat yang menginginkan layanan itu bisa menghubungi bhabinkamtibmas di wilayahnya. Mereka selanjutnya akan didata, lalu didaftarkan ke Satpas Colombo. ’’Jadwal layanan kemudian dibuat,” terangnya.

Yusep menjelaskan, layanan tersebut sementara hanya tersedia hari Sabtu. Kelompok pemohon yang didaftarkan bakal dibuatkan jadwal sesuai urutan pendaftaran.

Dia menambahkan, jadwal itu membuat waktu pengurusan lebih pasti. Sebab, yang diatur bukan hanya hari pelayanan, melainkan juga perkiraan jamnya. ’’Dari kelurahan A misalnya mendapat kesempatan pukul 09.00. Kelompok kelurahan B dijadwal satu jam setelahnya,” paparnya.

Lebih lanjut, Yusep menuturkan, prosedur penerbitan SIM tetap mengacu peraturan. Untuk SIM baru contohnya. Pemohon wajib lolos tes teori dan praktik. ’’Bukan berarti yang ikut program kolektif langsung bisa mendapat SIM,” tegasnya.

Karena itu, pihaknya menyediakan sarana latihan di halaman satpas. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c17/eko

Saksikan video menarik berikut ini: