alexametrics

PPKM Diperpanjang, Luhut Pelototi 4 Daerah Ini

2 Agustus 2021, 22:01:32 WIB

JawaPos.com – Pemerintah kembali melanjutkan penerapan PPKM berlevel mulai besok hingga 9 Agustus mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut terdapat empat wilayah yang akan menjadi perhatian khusus pemerintah untuk menekan laju Covid-19.

Luhut mengungkapkan, empat wilayah tersebut diantaranya, Bali, Malang Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Solo Raya. Sebab, daerah tersebut memiliki kasus positif dan kematian tinggi.

“Masih tingginya kasus terkonfirmasi, positivity rate dan juga jumlah kematian warganya,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (2/8).

Sementara, lanjutnya, daerah lainnya dipastikan kasus Covid-19 sudah mulai dapat tertangani. “Kita mestinya melihat minggu ini akan membaik karena juga kemarin atau tadi angka sudah sedikit membaik. Tapi sangat yakin dalam satu minggu ke depan ini akan tambah baik,” ungkapnya.

Luhut menjabarkan, masih tinggi kasus kematian di empat wilayah tersebut karena masih banyak warga yang menjalani perawatan isolasi mandiri di rumah. Sehingga kondisi kesehatannya yang parah terlambat tertangani dan semakin memburuk.

“Akibatnya menyebabkan kematian karena saturasi mereka rata-rata di bawah 90,” ucapnya.

Luhut menambahkan, pemerintah juga sudah berupaya melakukan intervensi untuk menurunkan angka kasus kematian. Pemerintah telah membentuk Task Force untuk menjemput pasien isoman.

“Kami bentuk task force untuk menjemput pasien yang positif dari rumah-rumah dan bawa ke pada isolasi terpusat,” pungkasnya.

Luhut juga mengungkapkan, pemerintah berusaha memenuhi pasokan oksigen dan obat untuk pasien Covid-19.  “Saya ulangi, kebutuhan oksigen dan obat sudah semakin baik,” ujarnya.

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan oksigen untuk luar Jawa dikoordinasikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Sebab, perkembangan pandemi Covid-19 di luar Jawa kini mulai memprihatinkan sebab grafiknya terus menunjukkan tren kenaikan.

“Sekarang ini kelihatan membaik sehingga oksigennya itu juga bersama-sama kita bisa atasi tekanannya,” ucapnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan PPKM level 4 diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Jokowi mengungkapkan, kebijakan pemerintah ditopang tiga pilar, salah satunya ketersediaan pasokan oksigen.

Tiga pilar utama yang menjadi tumpuan kebijakan pemerintah menangani pandemi Covid-19 diantaranya, kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah yang pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi, penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat.

Serta kegiatan testing, tracing, isolasi, dan treatment secara masif, termasuk menjaga BOR (bed occupancy ratio), penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan obat dan pasokan oksigen.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads