alexametrics

5 Tips Sulap Kaos Oblong Rumahan Agar Tampil Jadi Lebih Modis

30 Agustus 2020, 11:41:08 WIB

JawaPos.com – Punya kaos oblong dengan warna dan desain yang masing bagus tapi bosan, jangan dibuang. Ayo berkreasi dengan kaos tersebut agar menjadi lebih modis.

Kaos oblong umumnya ukurannya longgar dan biasa dipakai di rumah atau untuk tidur. Ternyata jika dikreasikan, kaos oblong tersebut unik juga untuk dikenakan jalan-jalan atau hang out bersama teman.

Tinggal memadukannya dengan celana, jins, rok, atau bawahan lucu lainnyam dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (30/8), sedikitnya ada lima gaya yang bisa dilakukan berbeda yakni potongan V-Neck, potongan satu bahu, potongan setengah, potongan tanpa lengan, dan potongan variasi.

Cukup dengan gunting tajam atau gunting khusus untuk kain adalah yang terbaik. Lalu siapkan pensil atau kapur yang bisa dicuci untuk membuat tanda pada pakaian.

1. V-Neck

Inspirasi kaos oblong. (Cosmopolitan)

Kaos V-Neck akan membuat leher lebih jenjang. Mulailah membuat potongan di bawah leher sehingga memberikan efek choker. Tergantung pada seberapa rendah V yang Anda inginkan.

Balikkan kaos ke dalam dan taruh di atas permukaan yang rata. Pastikan bagian depan menghadap ke atas. Ambil pensil untuk menandai bagian tengah kerah, dan buat potongan horizontal tepat di bawahnya. Terus potong sampai mendapatkan lebar yang diinginkan dan semuanya simetris, lalu potong vertikal ke bawah.

Selanjutnya, potong secara diagonal dari ujung potongan horizontal ke bawah garis vertikal. Jika melakukan semuanya dengan benar, Anda akan mendapatkan segitiga kecil di bawah kerah. Sekarang, balikkan kaos itu lagi. Jangan ragu untuk melebarkan atau memperdalam lubang sesuai keinginan. Regangkan sisi yang dipotong sehingga kain menjadi halus.

2. Potongan Setengah

Gaya ini klasik dan seperti gaya 70-80an. Seolah bagian depan kaos menjadi lebih pendek dari bagian belakang.

Letakkan kaos.di atas permukaan yang rata dan ratakan seluruhnya. Ukur di mana ujungnya. Ambil pita pengukur dan gunakan pensil untuk menandai di setiap sisi sehingga tahu sisi mana bisa memotongnya dengan lurus.

Mulailah memotong di satu sisi dan pastikan sejajar dengan tanda Anda yang lain. Setelah terpotong, rapatkan lipatan sehingga lebih rapi.

3. Satu Bahu

Potongan sederhana yang memberi kesan lebih tajam pada kaos dengan tampilan asimetris. Pamerkan bahu seksi Anda.

Balikkan baju dari dalam ke luar dengan bagian depan menghadap ke atas dan letakkan di permukaan yang rata. Pilih satu sisi bahu, lalu mulailah memotong vertikal sejajar kerah melalui kain depan dan belakang.

Lanjutkan sekitar dua inci di sekitar kerah, lalu potong secara diagonal ke sudut lengan baju, membentuk segitiga.
Balikkan satu bahu ke belakang, dan akan ada satu bagian kerah yang belum dipotong. Pangkas bagian ini mengikuti lekukan potongan sebelumnya ke tempat kerah. Kemudian potong dalam bentuk segitiga.

4. Potongan Tanpa Lengan

Inspirasi kaos oblong. (Cosmopolitan)

Metode yang sama seperti potongan setengah, tetapi tanpa lengan. Letakkan kemeja pada permukaan yang rata dan ratakan seluruhnya.

Kemudian ambil satu lengan, potong secara horizontal dan berhenti di jahitan bahu. Mengikuti jahitan yang sama, tetapi tetap membiarkannya, potong ke bawah sampai mengenai sisi ketiak. Balik kaos dan lanjutkan memotong sejajar di sepanjang jahitan sampai seluruh bagian lengan terlepas. Ulangi di sisi lain.

5. Variasi

Lakukan variasi. Berkreasi dan mulai memotong bagian leher, samping, dan atau bagian bawah untuk tampilan ekstra berlubang. Letakkan kemeja di atas permukaan yang rata. Pada ketiak salah satu lengan baju, gunakan gunting untuk memotong garis diagonal ke kanan, melewati bagian depan dan belakang kain.

Setelah potongannya terlepas, sejajarkan dengan di sisi lainnya, sehingga dapat memastikannya cukup simetris. Ikuti pola dengan gunting untuk menutup lengan lainnya.

Untuk membuat area yang umumnya sulit, potong garis (panjangnya bisa berapa saja). Setelah memotong, regangkan dengan jari untuk melebarkannya dan jangan takut untuk benar-benar menariknya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: