alexametrics

Mau Punya Perpustakaan Sendiri di Rumah? Ini dia tipsnya

14 September 2021, 19:21:54 WIB

JawaPos.com – Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, mempunyai ruangan yang bisa menjadi tempat untuk “me time” dan menghabiskan waktu untuk berpikir. Membayangkannya saja sudah asyik ya, apalagi kalau Anda bisa benar-benar mewujudkannya.

Tidak sulit, karena Anda cukup memilih salah satu area dan membuatnya sesuai keinginan. Untuk membantu mewujudkan impian ini, ada beberapa tips yang bisa memastikan perpustakaan rumah berfungsi dengan baik, terlepas dari estetika yang ada.

# Memilih Lokasi Terbaik
Saat Anda berkomitmen untuk merancang perpustakaan sendiri, tentunya langkah pertama tentukan dahulu area mana yang terbaik atau mungkin saja ada ruangan kosong yang tidak terpakai dapat digunakan.

Namun jika tidak memiliki area lebih, Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan untuk membuat area yang nyaman sementara waktu. Tambahkan beberapa bantal yang nyaman, dan meja yang akan menjadi tempat untuk membaca.

Fokus pada tampilan Interior
Perpustakaan adalah tempat untuk bersantai yang bisa Anda manfaatkan berjam-jam lamanya. Sehingga pastikan untuk menciptakan kondisi yang ideal seperti memilih tampilan interior sesuai keinginan tanpa melupakan esensi estetika dan keseimbangan.

Para profesional menyarankan untuk menggunakan furnitur rak berwarna netral seperti putih, cream, beige atau hitam yang menonjolkan kesan minimalis. Untuk dekorasi tambahan aplikasikan warna cerah lainnya seperti biru, hijau atau palet lainnya yang Anda sukai.

Apapun itu pilihannya Anda bisa mendapatkan semuanya dalam satu platform yaitu Ruparupa, situs belanja yang memberikan banyak keuntungan, keamanan kepada setiap penggunanya. Serta merupakan platform belanja yang menggabungkan brand-brand Kawan Lama Group seperti ace, Informa, hingga Toys Kingdom.

Ciptakan penataan tempat duduk yang tepat
Selain tempat penyimpanan dan interior, Anda juga harus memperhatikan bagaimana menempatkan kursi dalam perpustakaan. Jika Anda bertanya alasannya, maka alasannya sendiri karena ini syarat kenyamanan.

Sehingga ada yang mengatakan ini bukan soal harga atau barang yang terlihat lebih mewah, tapi bicara soal fungsinya. Selain itu pastikan juga untuk merancang tata letak yang tepat. Dari semua pengaturan yang ada, meletakkannya dengan posisi yang sedikit miring akan menghadirkan suasana santai dan nyaman ke dalam ruangan. Namun jika ada lebih dari satu elemen tempat duduk posisikan secara seimbang dan tepat.

Perhatikan pencahayaan
Penerangan adalah elemen kunci wajib untuk setiap ruangan, terutama untuk perpustakaan yang memerlukan cahaya yang optimal. Hindari menggunakan penerangan yang dapat menyakiti mata, sebagai gantinya gunakan LED dari Ruparupa yang memiliki fitur eye care. Produk ini mampu memberikan skema pencahayaan yang tepat, jenis cahaya yang tepat, dan menciptakan ambeien yang nyaman.

Buatlah nyaman
Komponen terakhir untuk perpustakaan rumah manapun adalah kenyamanan, dan dapat memberikan rasa betah bagi penghuninya. Untuk mencapai keinginan ini Anda bisa menambahkan tirai lembut, atau permadani pada ruangan tersebut.

Sementara itu jika menggunakan sofa, tambahkan juga bantal yang dapat menyangga punggung ataupun bersantai. Berikan sentuhan dekorasi lainnya yang Anda sukai namun jangan lupa untuk memperhatikan fungsinya.

Nah, dengan adanya tips di atas kini mimpi memiliki perpustakaan sendiri akan bisa terwujud. Akan tetapi untuk menciptakan kondisi yang kondusif Anda perlu membersihkannya secara teratur. Perhatikan juga tatanan serta desain yang Anda pilih. Selamat mencoba!

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads