alexametrics

4 Tips Memilih Permainan yang Cocok untuk Daya Tumbuh Kembang Anak

3 Februari 2021, 22:02:19 WIB

JawaPos.com – Melatih motorik dan sensorik anak, bisa distimulasi dengan permainan. Hanya saja, permainan untuk anak juga harus disesuaikan dengan usia mereka agar baik bagi tumbuh kembangnya.

Salah satu cara untuk membuat anak-anak berbahagia adalah dengan menyediakan permainan-permainan sehingga anak bisa melakukan aktivitas favorit mereka, yaitu bermain. Suara tawa anak-anak saat bermain sangat baik untuk tumbuh kembang anak sehingga anak menjadi lebih sehat dan cerdas sehingga mampu tumbuh secara optimal.

“Permainan anak bisa menentukan kebagaiaan anak dan tumbuh kembang mereka,” kata Founder Happy Play Indonesia Jhonny dan Erlina secara virtual baru-baru ini.

Permainan yang baik untuk tumbuh kembang anak:

1. Edukatif
Pastinya permainan dengan unsur edukatif. Saat di taman bermain yang penuh permainan, gerakan kaki mereka saat naik tangga ke rumah-rumahan. Lalu meluncur dengan ceria di atas perosotan, sampai mendarat ke kolam yang dipenuhi banyak bola-bola.

“Itu ternyata mampu meningkatkan kemampuan saraf motorik anak sehingga otot dan tulang anak tumbuh lebih kuat karena sudah terlatih,” kata mereka.

2. Warna-warni Beragam
Adapun warna-warni sampai beragam bentuk binatang atau tanaman dalam taman bermain mampu menstimulus saraf sensorik anak sehingga anak lebih cerdas. Tentu yang paling penting, tumbuh kembang anak bisa ditingkatkan sambil membuat anak lebih bahagia melalu permainan.

3. Bahan Aman
Sayangnya untuk memenuhi kebahagiaan anak ini, kita dihadapkan pada situasi yang miris dimana banyak permainan dalam taman bermain yang tidak aman. Mulai dari bahan baku tidak standar sehingga cepat rusak, pewarna berbahaya, sampai material yang berkarat di banyak permainan sehingga tidak safety bahkan ditemukan kandungan timbal yang sangat berbahaya untuk anak.

“Kita pasti sering menemukan permainan dengan kualitas kurang baik ini di taman-taman, tempat PAUD, sekolah, dan banyak public space di sekitar kita,” kata mereka.

4. Bersertifikat
Permainan berkualitas ber-SNI dan bersertifikat ISO (Internasional) dari bahan terbaik seperti plastik LLDPE Food Grade Anti-Timbal. Sehingga aman sehingga dijamin aman untuk anak bermain. Misalnya Indoor/Outdoor Playground, Waterplay, Rubberfloor, sampai beragam permainan anak seperti perosotan, kolam bola, trampolin, ayunan, jungkat-jungkit, kuda-kudaan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads