JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kenali Penyebab Pengentalan Darah yang Bisa Berujung Pada Stroke

18 November 2018, 09:20:58 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
efek dari kolesterol, bahaya kolesterol, pengentalan darah, penyebab kekentalan darah, gaya hidup tak sehat,
Ilustrasi pengentalan darah. Sejumlah penyakit degeneratif yang bergeser ke usia muda seperti stroke, salah satunya dipicu oleh pengentalan darah. (Cute Puppies)
Share this

JawaPos.com - Belakangan ini dunia kesehatan semakin populer dengan istilah pengentalan darah. Sejumlah penyakit degeneratif yang bergeser ke usia muda seperti stroke, salah satunya dipicu oleh pengentalan darah. Sebetulnya apa itu pengentalan darah?

Darah kental secara umum disebabkan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah. Selain itu, gumpalan kolesterol di pembuluh darah juga dapat menyebabkan darah menjadi kental. Ketika aliran darah tidak lancar, darah kental juga dapat terbentuk. Hal ini disebabkan karena trombosit mudah untuk menyatu satu sama lain.

"Darah kental akhir-akhir ini lebih karena gaya hidup (lifestyle). Kolesterol tinggi di dalam darah," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. kepada JawaPos.com baru-baru ini.

makanan sehatm cegah pengentalan darah
Ilustrasi makanan sehat. Konsumsi makanan sehat untuk cegah pengentalan darah. (Live strong)

Mereka yang berisiko mengalami pengentalan darah antara lain seseorang obesitas, perokok, dan memiliki riwayat genetik. Hal itu memicu terjadinya penyakit jantung dan kardiovaskular seperti stroke. Sebab pasokan oksigen tersumbat kolesterol dan tak bisa mengalir ke organ di dalam tubuh serta ke otak.

Bila terdapat sumbatan, darah akan menumpuk dan trombosit dapat menyatu membentuk darah kental. Darah kental atau menggumpal yang mengganggu pasokan darah ke organ penting dapat menjadi komplikasi yang serius jika tidak diobati. Salah satunya penyakit stroke.

"Lebih ke lifestyle. Memang ada faktor genetik juga. Oh bukan (bukan karena terlalu capek)," ungkap dr. Ari.

Maka dr. Ari mengimbau masyarakat untuk menjaga gaya hidupnya salah satunya pola makan dan berat badan untuk meghindari obesitas. Makanan tinggi lemak seperti gorengan dan makanan bersantan tentu bisa memicu kolesterol tinggi di dalam darah.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up