alexametrics

Jaga Kesehatan Fungsi Hati Dengan Cara Ini!

24 Mei 2021, 11:02:26 WIB

JawaPos.com – Hati merupakan organ yang penting dalam tubuh. Fungsi hati perlu dijaga agar metabolisme tubuh juga dapat berjalan dengan baik.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan fungsi hati ada baiknya, Anda juga tau seberapa penting organ hati bagi kehidupan kita. Hati merupakan organ yang tidak kalah sibuk seperti organ lainnya dalam tubuh kita. Lantas apa saja fungsi hati?

1. Alat membersihkan racun
Hati berfungsi membersihkan berbagai jenis racun baik itu dari sisa obat, alkohol dan bahan berbahaya yang diproduksi oleh tubuh manusia. Berbagai zat racun tersebut akan dikeluarkan melalui ginjal dan usus.

2. Sebagai pengolah vitamin dan imunitas tubuh
Hati memiliki fungsi dalam pengolahan vitamin D. Proses pengaktifan vitamin D dilaksanakan oleh hati dibantu oleh ginjal. Hati juga memiliki sel yang bertugas sebagai sentral sistem imun tubuh.

3. Penghancur sel darah merah
Hati juga memiliki fungsi untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua. Sel darah merah dengan usia 120 hari akan menuju ke hati untuk melebur karena sudah tidak berfungsi dengan baik bagi tubuh manusia.

Guna menjaga fungsi hati banyak langkah yang dapat dilakukan. Tentu setiap dari kita menginginkan tubuh yang sehat begitu juga dengan fungsi hati karena merupakan salah satu organ tubuh yang penting.

Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan guna menjaga fungsi hati.
1. Konsumsi air putih

Konsumsi Air Putih. (Sumber: https://www.freepik.com/)

Memang tidak dipungkiri air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi air dalam jumlah yang diperlukan dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

2. Hindari minuman alkohol

Hindari konsumsi alkohol (Sumber: https://www.freepik.com/)

Alkohol dapat mengakibatkan perlemakan hati. Dalam jangka panjang alkohol dapat mengakibatkan kanker hati. Oleh sebab itu hindari minuman alkohol guna menjaga fungsi hati.

3. Konsumsi makanan bergizi

Menu makan sehat (Sumber: https://www.freepik.com/)

Dengan konsumsi makanan bergizi seperti buah, sayuran dan daging dalam jumlah yang tepat dapat membantu hati dalam mengatur metabolismenya.

4. Hati- hati dalam konsumsi obat

Konsumsi obat-obatan (Sumber: https://www.freepik.com/)

Hati-hatilah dalam memilih obat atau suplemen yang hendak dikonsumsi. Sebab kini banyak obat atau suplemen yang justru berbahaya bagi kesehatan fungsi hati. Oleh sebab itu, penting untuk selalu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat atau suplemen tertentu.

5. Hindari zat beracun

Pembersih lantai (Sumber: https://www.freepik.com/)

Dalam kehidupan sehari- hari banyak bahan-bahan beracun yang berdampak buruk pada fungsi hati seperti, cairan pembersih lantai. Oleh sebab itu ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bahan-bahan tersebut sebaiknya gunakan masker agar zat berbahaya tidak langsung terhirup.

Menjaga fungsi hati seperti yang dipaparkan di atas tentu cara yang mudah dan dapat dilakukan kapan saja. Akan lebih baik dibantu lagi dengan pengobatan herbal. Salah satu produk herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi kinerja hati yaitu Pien Tze Huang.

Pien Tze Huang termasuk dalam golongan obat herbal Tiongkok legendaris yang sudah digunakan secara turun- temurun sejak 1555 tahun silam. Formulanya diracik secara tradisional oleh tabib istana. Hingga di tahun 1956, secara profesional diproduksi oleh sebuah pabrik pembuat obat di kota Zhangzhou hingga saat ini.

Pien Tze Huang juga dapat dikonsumsi berbarengan dengan resep dokter namun diberikan jeda minimal dua jam. Hal tersebut dipertegas oleh dr. Fenny Yunita, M.Si, Ph.D, praktisi herbal Indonesia, “Minimal jeda antara obat dokter dan herbal dua jam,” ujarnya.

Di Indonesia sendiri, Pien Tze Huang didistribusikan produknya oleh PT. Saras Subur Abadi selaku importir yang diberi kewenangan oleh produsen ZhangZhou Pien Tze Huang Pharmaceutical Co.,Ltd. Tentu Hal ini membuat Anda tidak perlu risau dengan produk Pien Tze Huang yang beredar di Indonesia karena telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia dengan nomor POM TI 164 250 351, selain itu untuk informasi produk dan keaslian juga dapat di akses melalui situs website https://pietzehuang.id/

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads