JawaPos Radar

Gunung Sampah Putri Cempo Terbakar

20/10/2018, 23:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
TPA Putri Cempo Kebakaran
MEMADAMKAN: Seorang petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api di TPA Putri Cempo, Solo, Sabtu (20/10). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gunung sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Solo terbakar. Kebakaran hebat yang melanda di kawasan tersebut memaksa sejumlah warga mengamankan barang-barangnya.

Guna memadamkan kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo sedikitnya menerjunkan 10 unit kendaraan pemadam. 

Informasi yang diperoleh JawaPos.com dari salah seorang warga, Gian, mengatakan kebakaran sudah terjadi sekira pukul 17.00 WIB. Dugaan kuat, kebakaran disebabkan karena adanya warga yang sengaja membakar sampah. "Kemudian angin berembus kencang dan akhirnya api merembet ke lahan lainnya," terangnya, Sabtu (20/10). 

TPA Putri Cempo Kebakaran
Kebakaran hebat yang melanda di kawasan tersebut memaksa sejumlah warga mengamankan barang-barangnya. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Karena di lokasi sampah yang tertumpuk sebagian besar kering, maka api dengan cepat merembet dan semakin membesar. Mengetahui kejadian tersebut, warga pun berinisiatif untuk memindahkan barang-barang yang ada di sekitar sampah. Selain itu, warga juga meminta bantuan kepada Damkar Solo.

Tidak berselang lama, sejumlah mobil pemadam kebakaran pun tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. 

Kepala Damkar Solo, Gatot Sutanto menjelaskan, selain dari Solo, pihaknya juga meminta bantuan Damkar dari Karanganyar, Boyolali dan juga Sukoharjo. "Jumlah kendaraan pemadam akan terus bertambah untuk mempercepat pemadaman," ungkap Gatot.

Gatot menambahkan, proses pemadaman sampah mendapat sejumlah kendala. Seperti lokasi yang gelap, medan yang cukup sulit dan juga lokasi sumber air yang jauh. Meski begitu, Gatot memastikan malam ini kebakaran bisa dipadamkan. 

"Kami juga akan meminta bantuan ambulans dari PMI, kemudian kami juga akan menyiapkan masker karena asap yang ditimbulkan dari kebakaran," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up