alexametrics

Daftar Caleg, 2 Eks Napi Korupsi Diduga Gunakan Berkas Palsu

1 Agustus 2018, 16:39:10 WIB

JawaPos.com – Dua eks narapidana kasus korupsi turut mendaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) akan melakukan verifikasi mendalam terhadap keduanya. Klarifikasi akan dilakukan kepada pihak pengadilan negeri (PN).

“Ada dua nama yang kami indikasikan terlibat dalam kasus korupsi. Kami akan melakukan klarifikasi ke pengadilan negeri sesuai dengan tempat tinggal yang bersangkutan,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Jatim Muhammad Arbayanto di Surabaya, Rabu (1/8).

Arbayanto tidak menyebutkan secara spesifik dua bacaleg eks napi tersebut. Namun ada kejanggalan pada berkas pendaftarannya. Keduanya melampirkan surat dari pengadilan negeri yang menerangkan tidak pernah terlibat dalam kasus korupsi.

Sementara berdasarkan berbagai pemberitaan media massa, dua bacaleg tersebut pernah terjerat dalam kasus dugaan korupsi. Ini yang menjadi kejanggalan pada berkas dua bacaleg.

“Pengadilan negeri sudah mengeluarkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan tidak pernah atau tidak sedang menjalani pidana di atas lima tahun. Sementara berdasarkan pemberitaan media masa mulai dari kliping koran sampai dengan media sosial kami memiliki. Itu yang kami jadikan landasan klarifikasi ke pengadilan negeri,” ulas Arbayanto.

Untuk satu bacaleg yang diduga pernah terjerat dalam kasus narkoba, Arbayanto memastikan sudah tidak ada masalah lagi. Karena bacaleg tersebut hanya sebagai pengguna dan telah melakukan pengumuman atas kasus yang pernah dialaminya.

“Yang satu itu bukan kategori bandar narkoba. Surat keterangan yang kami miliki memang yang bersangkutan pernah terlibat kasus narkoba, tapi sebagai pengguna narkoba. Itu sudah clear karena telah mengumumkan hukuman pidana yang telah dijalani,” pungkas Arbayanto.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)

Daftar Caleg, 2 Eks Napi Korupsi Diduga Gunakan Berkas Palsu