alexametrics

Kabar Baik, Vaksin AstraZeneca Bisa Lindungi Antibodi hingga 1 Tahun

1 Juli 2021, 12:28:37 WIB

JawaPos.com – Kabar baik bagi yang sudah divaksinasi Covid-19 dengan vaksin AstraZeneca. Studi Oxford terbaru melaporkan bahwa vaksin ini mengurangi efek samping umum setelah dosis kedua.

“Dua dosis vaksin AstraZeneca yang diberikan dengan selang waktu 44-45 minggu menghasilkan tingkat antibodi hampir 4 kali lipat dibandingkan ketika dosis diberikan dengan selang waktu 8-12 minggu,” kata sebuah laporan oleh Oxford Vaccine Group, pengembang vaksin.

Tingkat antibodi diyakini meningkat selama hampir satu tahun. Dan, dosis booster ketiga dari vaksin, yang diberikan kepada sekelompok sukarelawan, juga secara signifikan meningkatkan kadar antibodi menjadi dua kali lipat setelah dosis kedua.

Baca juga: Dosis Pertama Vaksin AstraZeneca, Kedua Pfizer, Kekebalan Meningkat

“Dosis tunggal ChAdOx1 nCoV-19, dengan dosis kedua yang diberikan setelah periode yang lama, oleh karena itu, dapat menjadi strategi yang efektif ketika pasokan vaksin langka dalam jangka pendek. Dosis ketiga menghasilkan peningkatan lebih lanjut dalam tanggapan kekebalan, termasuk netralisasi yang lebih besar dari varian virus SARS-CoV-2. Dan, dapat digunakan untuk meningkatkan kemanjuran vaksin terhadap varian pada populasi yang rentan,” kata para penulis melaporkan dalam publikasi pra-cetak.

Sekelompok sukarelawan vaksin yang mendapat dosis kedua 15-25 minggu setelah yang pertama, melihat tingkat antibodi rata-rata hampir dua kali lipat dalam interval 8-12 minggu, menunjukkan bahwa memperpanjang durasi antara dosis tampaknya meningkatkan jumlah antibodi. Jadi, rata-rata kadar IgG (imunoglobulin G) selama 8-12, 15-25, dan 44-46 minggu masing-masing adalah 923, 1860 dan 3738 unit, bila diukur 28 hari setelah dosis kedua.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads