alexametrics

Ahli AS Sebut Sakit Tenggorokan dan Pilek Wajib Tes Covid-19

1 Juli 2021, 06:18:35 WIB

JawaPos.com – Pasien yang terinfeksi Covid-19 varian Delta mungkin mengalami gejala yang berbeda dari penyakit Covid-19 aslinya saat kali pertama ditemukan di Wuhan, Tiongkok. Gejala pada seseorang yang tertular varian Delta asal India mirip flu berat.

Ahli kesehatan sekaligus Kepala Petugas Covid-19 dari University of Oklahoma, dr. Dale Bratzler mengatakan veberapa gejala yang paling sering dilaporkan terpapar varian Delta adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, dan demam. Bratzler mengatakan jika mengalami gejala tersebut, wajib menjalani tes Covid-19.

“Siapa pun yang mengalami gejala-gejala itu, saya sangat menganjurkan Anda untuk diuji, karena Anda bisa saja terinfeksi varian Delta,” kata Bratzler pada konferensi pers seperti dilansir The Oklahoman.

Gejala Covid-19 dapat sangat bervariasi dari orang ke orang dan dapat mencakup batuk, sesak napas, kelelahan, nyeri tubuh, kehilangan rasa atau bau, mual, muntah, dan diare, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Varian Delta diduga juga berada di balik peningkatan kasus Covid-19 di Oklahoma, khususnya di bagian timur laut negara bagian itu.

“Varian Delta sekarang memicu lebih dari 20 persen kasus Covid-19 baru di AS,” sebut Bratzler. “Ini kemungkinan akan menjadi varian utama di Oklahoma,” kata Bratzler.

Saat ini, jenis Covid-19 yang dominan di Oklahoma dan di seluruh AS adalah varian Alfa, yang pertama kali diidentifikasi di Inggris. AS sejauh ini memang sudah memvaksinasi lebih dari 50 persen warganya dengan berbagai vaksin seperti Pfizer, Moderna, dan J&J.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads