alexametrics

Philodendron Variegata, ‘Kembaran’ Monstera yang Jadi Idola Baru

Harga Tinggi karena Perkawinan yang Tak Mudah
11 Oktober 2020, 17:40:10 WIB

Pesona Philodendron variegata merangkak naik. Corak yang bagus senilai dengan harganya yang mahal.

VARIEGATA tak hanya terjadi pada tanaman jenis monstera. Melainkan juga di philodendron. Keduanya sama-sama cantik. Warna dan coraknya khas.

Meski kurang umum di masyarakat, harga Philodendron variegata cukup mahal. Bahkan, mencapai belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Ukurannya pun masih kecil. Masih 7 sentimeter.

Mahal tidaknya Philodendron variegata bergantung pada jenisnya. Termasuk warna daunnya. Jika daun putihnya semakin dominan dan garisnya tebal, berarti corak varigeta-nya menonjol. Harganya bisa jadi semakin mahal.

Philodendron variegata dan Monstera variegata sebenarnya hampir sama. Termasuk soal coraknya. Tak hanya putih, variegata pada philodendron juga bisa berwarna kuning. Hanya, saat ini masih langka. Sebagian besar warna variegata putih. Mirip monstera.

Karena itu, jika philodendron memiliki warna variegata kuning, harganya cukup menguras kantong. Misalnya, jenis Philodendron billietiae variegata. Coraknya yang kuning membuat harganya selangit. Bayangkan, tingginya hanya 7 sentimeter. Namun, harganya bisa sampai Rp 15 juta. ’’Ciri khas dan warnanya ini yang bikin mahal,’’ ucap penghobi dan pengusaha tanaman koleksi Lina Dwi Jayanti.

Begitu pula monstera. Jika variegata-nya berwarna kuning, harganya bisa mahal. Terlebih pada jenis tertentu. Misalnya, Janda Kembang atau yang memiliki nama Latin Monstera adansonii.

Menurut Lina, harga sebenarnya bisa lebih mahal philodendron yang variegata. Hanya, tren yang berkembang di masyarakat saat ini adalah Monstera variegata.

Pemilik outlet Gudang Kembang, Batu, itu menuturkan, banyak jenis philodendron. Di antaranya, white princess, pink princess, melano serta sodiroii, dan sebagainya. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Yang jelas, corak variegata juga turut menentukan.

Variegata memang bisa menentukan mahal tidaknya tanaman. Namun, jika variegata-nya dominan, harganya bisa turun. Istilah itu kerap disebut dengan albino. Jika seperti itu, diprediksi tanaman tidak bisa hidup lebih lama. Penyebabnya, daun tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik.

Nah, hal itu bisa terjadi pada semua tanaman yang mengalami variegata. Mengenai perawatannya, philodendron dan monstera ini tak jauh berbeda. Diperlukan kelembapan serta rotasi tempat. Minimal tiga sampai empat hari bisa terkena sinar matahari. Hal itu tak lain untuk perkembangan tanaman

Menurut Lina, sangat mungkin harga Monstera variegata dan Philodendron variegata tetap tinggi. Sebab, proses pengawinan putik dengan benang sari tidaklah mudah. Salah satu caranya adalah dengan propagasi pada batang tanaman. Berbeda dengan jenis tanaman anturium yang setelah tren, jumlahnya bertambah banyak.

BUKAN SEKADAR DAUN: Phildendron pink princess. Dengan warna princes. Dengan warna khasnya mampu menarik pencinta tanaman hias. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

MEMPERBANYAK PHILODENDRON

  • Dengan cara langsung dari tanaman mirip dengan stek.
  • Pemancingan akar angin

 

Caranya:

  • Bagian batang dipotong 4-6 sentimeter.
  • Masukkan sebagian batang ke air hingga tumbuh akar.
  • Pindahkan ke media tanam lumut jika sudah berakar.
  • Jika sudah tumbuh kuat, pindahkan ke sekam.
  • Dengan bantuan media sphagnum moss
TAMPAK BERBEDA: Phildendron billietiae hijau (kanan) dan Phildendron billietiae variegeta dengan corak kuning. Meski panjang daunnya hanya 7 sentimeter, harganya mencapai Rp 15 juta. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Caranya:

  • Bagian batang dipotong.
  • Kemudian, dimasukan ke media sphagnum moss.
  • Setelah akar tumbuh, bias dipindah ke media tanam.
  • Water propagasi

 

Caranya:

  • Bagian batang dimasukkan ke air.
  • Ditunggui hingga bagian akar keluar.
  • Kemudian, dukungan ke media tanam.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : omy/c6/git




Close Ads