alexametrics

Mobil Terguling di Meksiko 2015, Diklaim Kecelakaan Vanessa Angel

9 November 2021, 05:48:21 WIB

KECELAKAAN yang menimpa artis Vanessa Angel dan suami tak terlepas dari informasi palsu. Salah satunya video di YouTube yang memberikan narasi detik-detik kecelakaan tersebut untuk mendulang viewers dan keuntungan. Contohnya kanal WINANDA YT berikut ini.

”detik detik kecelakaan Vanessa Angel | Rekaman kecelakaan di toll jawa timur.” Begitu judul video kanal WINANDA YT pada Jumat, 5 November 2021. Tak ayal, video itu sudah ditonton 94 ribu kali dengan komentar sudah dinonaktifkan (bit.ly/DetikDetikLaka).

Video 41 detik tersebut memperlihatkan kendaraan putih melaju di tikungan dan menabrak tebing di sisi kanan kendaraan. Lantas terguling hingga detik ke-9. Pada detik berikutnya, baru diperlihatkan evakuasi kendaraan. Situasi evakuasi itu terekam video amatir dengan memperlihatkan alat berat yang memindahkan kendaraan tersebut.

Penelusuran menggunakan situs padanan gambar Yandex mengarahkan Jawa Pos ke kanal YouTube pada Februari 2016. Video itu diunggah kanal Joel Martinez. Judulnya berbunyi ”Choques en vivo autopistas de México CAPUFE SCT”.

Unggahan tersebut merupakan gabungan dari beberapa video. Nah, video yang diunggah pada akun WINANDA TV itu mirip dengan video pada menit ke-2 dan detik ke-13. Keterangan pada video menyebutkan dengan jelas bahwa insiden mobil putih oleng di tikungan itu terjadi pada 19 Juli 2015 pukul 12.25 waktu setempat.

Kolase video kecelakaan tersebut sengaja dibuat Caminos y Puentes Federales (CAPUFE) atau layanan lembaga jembatan dan jalan Meksiko. Serta Secretariat of Communications and Transportation (SCT). Agar para pengendara lebih waspada dan bijak dalam berkendara. Anda dapat melihatnya di bit.ly/LakaMeksiko.

Secara kronologis, kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel itu terjadi di tol Jakarta–Surabaya titik Km 672+300 pada Kamis (4/11) dan jalannya lurus. Tidak ada tikungan. Ketika insiden terjadi pun, situasi pada saat kejadian arus lalu lintas landai lancar dan cuaca juga cerah.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : zam/c9/jun




Close Ads