Sosok Ki Joko Bodo di Mata Ki Kusmo: Nyentrik Tapi Humble

22 November 2022, 22:28:15 WIB

JawaPos.com – Aktor dan paranormal Ki Kusumo mengenang sosok mantan paranormal Agung Yulianto bi Raden Subroto alias Ki Joko Bodo yang meninggal dunia tadi pagi di usia 57 tahun. Dia pun menyebut Ki Joko Bodo termasuk orang yang sangat setia kawan dan sepanjang bergaul dengan almarhum.

“Beliau itu nyentrik tapi secara pertemanan orang yang cukup baik, humble. Tidak pernah merugikan teman,” kata Ki Kusumo kepada wartawan, Selasa (22/11).

Dia beberapa kali melakukan syuting bareng dengan Ki Joko Bodo. Mereka juga beberapa kali melakukan tirakat bareng, bahkan sempat berburu hal-hal aneh bersama.

“Saya dekat banget dengan beliau. Cuma pas beliau sakit seperti hilang kabar, dikontak susah, ketemu juga susah. Terakhir kali komunikasi ngabari lagi sakit. Setelah itu tak bisa dihubungi,” katanya.

Selain itu, Ki Kusumo memuji salut akan perjalanan Ki Joko Bodo yang pada akhirnya memutuskan jalan hijrah. Menurutnya, itu merupakan bagian dari perjanan hidupnya yang terus menghadapi kegelisahan sampai akhirnya menemukan titik terang dengan mendekatkan diri ke jalur agama di akhir hidupnya.

“Kadang penemuan jati diri itu proses berjalan dan proses belajar tidak pernah putus sampai ke liang lahat. Saya sangat mengagumi beliau,” tandasnya.

Ki Joko Bodo meninggal dunia tadi pagi di rumahnya di bilangan Jakarta Timur pada pukul 09.57 WIB setelah sempat mengidap penyakit hipertensi. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 57 tahun. Jenazahnya dikubur di TPU Lubang Buaya Jakarta Timur, tadi sore.

Selain menggeluti profesi sebagai paranormal, Ki Joko Bodo juga sempat bermain dalam sejumlah judul film. Beberapa di antararanya film berjudul Taman Langsat Mayestik, Terowongan Casablanca dan Jeritan Danau Terlarang.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads