alexametrics

Sebelum Meninggal, Junaedi ‘Ali Topan’ Salat Sempat Kena Covid-19

19 Januari 2021, 16:35:56 WIB

JawaPos.com – Aktor senior Junaedi Salat meninggal dunia pada Senin (18/1) malam pada pukul 20.09 WIB di RS PGI Cikini, Jakarta. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 70 tahun.

Sebelum meninggal, pemeran Ali Topan dalam film Ali Topan Anak Jalanan itu sempat dilarikan ke rumah sakit karena sempat terkena Covid-19 pada awal Januari 2021 lalu.

“Tanggal 1 Januari 2021 dia masuk rumah sakit kena Covid. Setelah dirawat sudah baikan tapi tiba-tiba kondisi kesehatannya menurun,” kata perwakilan keluarga melalui aplikasi Zoom, Selasa (19/1) siang.

Prosesi pemakaman dilaksanakan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Keluarga terlihat sangat terpukul atas meninggalnya Junaedi Salat. Isak tangis pun sempat mewarnai pemakaman yang hanya dihadiri keluarga dan orang-orang terdekat.

Sementara jamaah dan orang-orang yang sempat mendapat bimbingan spiritual dari Junaedi Salat mengikuti prosesi pemakaman melalui Zoom. Mereka kompak mendoakan Junaedi Salat yang menjadi pendeta dan mengabdikan sisa hidupnya di jalan Tuhan setelah tidak aktif lagi di dunia keartisan.

“Terima kasih yang sudah membantu selama ini. Terima kasih meski tidak saya sebutkan satu persatu,” kata perwakilan keluarga sambil menangis di pemakaman.

Setelah prosesi pemakaman selesai, acara diakhiri dengan melakukan prosesi tabur bunga. Pihak keluarga secara bergantian menaburkan bunga di atas pemakaman. Mereka juga sempat foto bareng.

Junaedi Salat adalah aktor asal kelahiran Lampung, 2 September 1950. Selama berkecimpung di dunia film, sudah ada puluhan judul film ia bintangi. Beberapa diantaranya adalah film Aku Tak Berdosa, Susana, Pacar Pilihan, Ali Topan Anak Jalanan, Puber, Remaja Di Lampu Merah, Gadis Kampus, Bunga Cinta Kasih, Betapa Damai Hati Kami, dan yang lainnya.

Selain di dunia keaktoran, Junaedi Salat juga dikenal sebagai seorang musisi dan pencipta lagu. Salah satu lagu yang diciptakannya dan ngehits, bertajuk Sabda Alam, yang sempat dipopulerkan oleh mendiang Chrisye.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads