alexametrics

ACIS 2018: Pentingnya Inovasi Hadapi Ketatnya Persaingan Merebut Pasar

16 November 2018, 14:28:42 WIB

JawaPos.com – Ketatnya persaingan dalam merebus pangsa pasar menuntut perusahaan, khususnya yang telah mapan dengan perangkat dan penjualan tinggi untuk terus lincah berinovasi. Namun, tidak sedikit perusahaan besar yang telah menginvestasikan dana cukup besar terus terpuruk akibat kurang siap menghadapi persaingan.

Perhelatan Asia Corporate Inovation Summit (ACIS) 2018 yang menghimpun top manajamen perusahaan melakukan konferensi berupaya membedah permasalahan terkait dengan semakin ketatanya persaingan pasar dalam merebut pelanggan.

CEO Amoeba Telkom Indonesia, Fauzan Feisal, yang menjadi salah satu pembicara dalam paparannya mengangkat topik membangun Startup di dalam perusahaan besar.

Fauzan mengatakan, jangan berpikir organisasi besar yang melakukan inovasi, tapi instrumen kecil di dalamnya. Sebab, bukan tidak mungkin itu akan menjadi unicorn berikutnya.

“Bukan cari sektor mana yang bertumbuh, tapi bagaimana mengembangkan dari dalam. Ini untuk menambah pendapatan dan memperbaiki cara kerja,” ujarnya mengenai inovasi yang bisa dilakukan perusahaan menghadapi ketatnya persaingan.

Menurut Fauzan, proses inovasi penting untuk membuat nilai tambah secara cepat. Beda bila membuat produk baru yang membutuhkan perjuangan. “Perjuangan banget, tapi inovasi tidak juga 100 persen. Porsinya75 persen dan produk baru 25 persen” katanya.

Sebelumnya Indrawan Nugroho, Chairman Asia Corporate Innovation Summit mengakui, startup sedang jadi primadona saat ini. “Kecepatannya bertumbuh secara eksponensial dan kemampuannya menggoyang industri dan menggeser tahta penguasa pasar membuat gaya bisnis startup tidak bisa diabaikan”, katanya.

Indrawan berharap ACIS 2018 ini dapat membantu perusahaan-perusahaan di Asia, khususnya Indonesia dalam menemukan cara inovatif dalam mentransformasi perusahaannya dan sumberdaya manusia didalamnya untuk dapat menjawab tantangan industri di abad 21 ini.

“Perusahaan besar bisa antisipasi menjawab tantangan itu. Gimana karyawan punya mindset sebagai founder startup,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (ask/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads
ACIS 2018: Pentingnya Inovasi Hadapi Ketatnya Persaingan Merebut Pasar