alexametrics

Konsep Subholdingnya Jalan, Erick Thohir Banggakan Pertamina dan PTPN

16 September 2021, 14:29:05 WIB

JawaPos.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut, beberapa terobosan di tubuh perusahaan pelat merah memperlihatkan hasil memuaskan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencontohkan, seperti hasil restrukturisasi PT Pertamina beberapa waktu lalu melalui subholding.

“Hasilnya sudah terlihat, kalau kita lihat kemarin bagimana Pertamina setelah kita lakukan konsolidasi itu kita bisa lihat sub-sub holdingnya sudah menghasilkan dengan baik,” ujarnya secara virtual, Kamis (16/9).

Menurutnya, transformasi yang terus dilakukan Kementerian BUMN sudah membuahkan hasil. Salah satunya, keberhasilan Pertamina dalam menemukan sumber gas dan minyak.

“Selama ini kita kekurangan, penemuan sumber gas dan minyak setelah dikonsolidasi kita dapat temuan baru 204 juta barrel. Dan yang terpenting hulu sekarang untung USD 1 miliar, di atas target jauh,” ungkapnya.

Erick melanjutkan, Subholding Refinery and Petrochemical juga mencatatkan kinerja keuangan yang baik dengan mencatat laba pada semester pertama sebesar USD 322 juta. Padahal, tadinya subholding ini menjadi beban.

“Tadinya menjadi beban, sekarang untung USD 322 juta,” ucapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads