alexametrics

Pengusaha Daerah Yakin Sandi Punya Jurus Pulihkan Industri Wisata

26 Desember 2020, 05:29:45 WIB

JawaPos.com – Penunjukan Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dirsepons banyak kalangan. Tak terkecuali dari para pelaku sektor industri wisata di daerah.

Pemerhati sekaligus penggiat pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Taufan Rahmadi, menyambut baik Sandiaga Uno yang menurutnya akan membawa angin segar bagi dunia pariwisata di Indonesia. Ia meyakini, mantan rival Jokowi di pilpres 2019 itu punya cara untuk menyelesaikan tantangan-tantangan di dunia pariwisata dengan lebih cepat.

“Di tengah pandemi Covid-18, reshuffle kabinet ini bisa menjadi adalah angin segar bagi pariwisata Indonesia. Kami optimistis, tantangan-tantangan di dunia Pariwisata, dengan Covid-19 ini, bisa diselesaikandengan lebih cepat,” kata Taufan dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Jumat (25/12).

Taufan juga mengaku dirinya percaya dengan latar belakang yang cukup mumpuni oleh Sandiaga Uno sebagai seorang ekonom sekaligus pelaku industri kreatif akan berimbas pada industri wisata dalam negeri.

Baca Juga: Muncul 13 Kasus Covid-19 di Hotel Mewah Singapura, Nular Lewat Handuk

Baca Juga: Jokowi Sedang Menyiapkan Pemimpin Masa Depan dari Kalangan Teknokrat

“Presiden Joko Widodo juga tentu optimistis bahwa Sandiaga memiliki banyak terobosan dalam menjalankan tugas berat ini. Tapi saya yakin kedepan harapannya bisa terbangun sinergi kolaborasi dengan semua pelaku pariwisata di Indonesia,” terang Taufan.

Lebih lanjut, Taufan juga berharap dengan hadirnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf baru bisa mempercepat pulihnya dunia pariwisata Indonesia yang dihantam pandemi Covid-19.

“Semoga nantinya di era Bang Sandi, pariwisata Indonesia cepat pulih kembali,” pungkas Taufan.

Sebelumnya, Sandiaga Salahuddin Uno langsung menggelar rapat dengan Wakil Menparekraf, Angela Tanoe Soedibjo beserta Staf Ahli dan Deputi pada Kamis (24/12). Dalam rapat tersebut, Sandi menyampaikan tiga hal untuk mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Pertama arus ada inovasi. Karena harus ada perubahan yang mendasar saat kita mengembangkan lima destinasi super prioritas. Inovasi itu harus dilakukan dari segi infrastruktur, budaya, kuliner, fashion, dan segala hal yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulisnya.

Kedua, lanjutnya, adalah adaptasi. Dia menilai, semua pihak harus mampu beradaptasi dengan keadaan pandemi covid-19. Salah satunya dengan terus meningkatkan penerapan CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

Ketiga atau terakhir, papar Sandi, adalah kolaborasi. Kemenparekraf harus menggandeng semua pihak. Pasalnya, jutaan lapangan pekerjaan terdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini yang harus kita perjuangkan sehingga lapangan kerja kembali terbuka luas, dan penghasilan masyarakat kembali meningkat,” tandas mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads