alexametrics

Jokowi Ingin Transformasi Digital Bisa Mendorong TKDN

26 Februari 2021, 14:33:52 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, pemerintah mendorong transformasi digital untuk kemajuan bangsa agar tidak tertinggal dari negara lainnya. Jokowi tak ingin Indonesia hanya menjadi pasar perusahaan digital raksasa dunia.

Menurutnya, transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju lebih baik. Ia ingin memastikan bahwa Indonesia juga dapat menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital.

“Jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impor, ini yang selalu saya tekankan,” ujarnya secata virtual, Jumat (26/2).

Menurut Jokowi, transformasi digital juga harus mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Peningkatan TKDN dapat menambah daya saing Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices dari raksasa digital dunia,” ucapnya.

Jokowi mengungkapkan, Indonesia sendiri telah membangun banyak sekali infrastruktur, salah satunya tol langit. Infrastruktur ini diharapkan memperlancar konektivitas digital di seluruh pelosok nusantara.

“Mempercepat pelayanan pendidikan, mempercepat pelayanan kesehatan, mendukung sinergi budaya nusantara dan tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads