alexametrics

Soal Peningkatan Kasus Covid-19, Begini Kata Menkeu Sri Mulyani

21 Juni 2021, 23:03:37 WIB

JawaPos.com – Kenaikan kasus Covid-19 saat ini melonjak secara signifikan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hal tersebut seiring dengan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang juga meningkat. Peningkatan kegiatan masyarakat sudah mulai terjadi seperti sebelum pandemi Covid-19.

Menurutnya, peningkatan mobilitas masyarakat terjadi sejak Maret hingga Juni 2021. Aktivitas masyarakat juga berdampak pada sektor lain seperti ritel.

“Aktivitas masyarakat meningkat dan ini level prapandemi. Perubahan mobilitas ini capai positif sejak Maret, April, Mei, Juni selalu meningkat positif,” ujarnya secara virtual, Senin (21/6).

Sri Mulyani memaparkan, peningkatan mobilitas masyarakat juga terdapat konsekuensi atau dampak buruk yaitu peningkatan kasus penularan Covid-19. “Di satu sisi positif, tapi di sisi lain ada impikasinya,” imbuhnya.

Sri Mulyani menambahkan, peningkatan aspek konsumsi dan penularan terjadi sejak Ramadan dan Lebaran tahun ini. Meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pelarangan mudik namun aktivitas konsumsi masyarakat meningkat.

“Untuk konsumsi rumah tangga ada aspek musiman pada Mei yang lalu, tentunya sesudah Ramadan dan Idul Fitri,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads