alexametrics

Airlangga Sebut Indonesia akan Punya Semacam Google Institute

20 Oktober 2020, 05:56:16 WIB

JawaPos.com – Pemerintah dalam hal ini Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, Indonesia akan memiliki lembaga pendidikan di bidang teknologi seperti Google Institute. Rencananya, lembaga pendidikan tersebut akan dibangun di Batam, Serpong, dan Bandung.

“Akan bekerja sama dengan institusi pendidikan, seperti Institut Teknologi Bandung,” ujar Airlangga dalam dalam acara Capital Market Summit and Expo secara virtual, Senin (19/10).

Rencana tersebut muncul seiring dengan rencana pemerintah dalam membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) berkonsep perdagangan bebas alias free trade zone di Bintan, Batam, dan Karimun (BBK). Untuk dapat merealisasikannya, kata Airlangga, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang teknologi, yang nantinya bakal ditempatkan di KEK BBK.

Airlangga menjabarkan, adapun KEK BBK akan dibentuk seperti superhub sehingga sentra produksi, perdagangan, teknologi, dan keuangan bakal terpusat di kawasan ini. Negara tetangga Singapura pun telah berkomitmen mendukung pembangunan KEK BBK.

Airlangga mengungkapkan, adapun kerja sama yang telah disepakati, Singapura akan membangun data center di KEK BBK dengan kapasitas mencapai 400 megawatt, dengan investasi mencapai Rp 5 miliar.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads