Selain Covid-19 Ada Ancaman Mengintai

Sri Mulyani: Pandemi Bukan Pertama Kali, Tapi Bukan Yang Terakhir

19 Oktober 2021, 15:42:41 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mensyukuri keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan kasus Covid-19. Seperti diketahui, jumlah penurunan kasus turun signifikan diatas 95 persen sejak kehadiran varian Delta.

“Alhamdulillah Indonesia dalam menghadapi tantangan virus varian Delta ini kita mampu menanganinya sangat efektif,” ujarnya secara virtual, Selasa (19/10).

Menurutnya, hal ini merupakan capaian yang tidak mudah dan bukan sesuatu yang dianggap sepele. Meskipun kasus Covid-19 sudah sangat rendah, namun bukan berarti masyarakat lalai dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Sebab, ancaman virus mematikan itu masih mengintai dan pandemi belum benar-benar berakhir.

“Artinya dunia termasuk Indonesia harus menyadari bahwa fenomena ancaman seperti yang terjadi pandemi ini tidak akan selesai atau tidak akan menjadi yang pertama dan terakhir kali,” tuturnya.

Sri Mulyani mengungkapkan, saat ini pemerintah di dunia sedang menyiapkan strategi dan antisipasi jika seandainya pandemi dapat terjadi kembali. Sehingga, hal itu dapat dicegah sedini mungkin. Harapannya, agar tidak menyebabkan banyak korban jiwa dan merambat ke perekonomian.

Sri Mulyani menyebut, ancaman pasca pandemi Covid-19 berasal dari perubahan iklim yang tak kalah bahayanya dengan virus. Sebab, dampak fenomena ini sangat luas.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads