alexametrics
Boyong 2 Kategori

Ditjen PSP Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kementan

11 Oktober 2021, 21:55:43 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021. Sejumlah penghargaan diberikan sebagai bentuk reward atas kinerja yang telah dilakukan selama ini. Pada kesempatan itu, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) sebagai unit kerja Eselon I Kementan berhasil meraih dua kategori penghargaan.

Penghargaan untuk kategori pertama yakni “Penderasan Informasi Publik Terbaik.” Sedangkan kategori kedua yakni “Pelayanan Informasi Publik Teresponsif.”

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menekankan pentingnya layanan dan akses data dan keterbukaan informasi publik dalam menjalankan roda pembangunan pertanian masa depan yang memiliki misi maju, mandiri dan modern. “Informasi publik merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum melakukan pengambilan kebijakan,” tutur Mentan SYL, Senin (11/10/2021).

Saat ini, Mentan SYL melanjutkan, informasi publik menjadi sesuatu yang amat sangat penting. Informasi publik mampu melahirkan program berbasis data. Yang lebih penting informasi publik mampu melahirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Data dan informasi publik merupakan senjata utama pada sektor pertanian yang tidak boleh diakrobatik (dipermainkan) menjadi sebuah kebijakan yang menyesatkan. Sebab dari informasi yang terpublikasi nantinya akan melahirkan transparansi,” papar Mentan SYL.

Menurut dia, kinerja yang baik di tubuh Kementan berkat program yang dirancang dengan baik pula oleh semua jajaran. “Semua ini tentunya karena adanya akses informasi yang jernih, yang transparan dan akuntabel dari semua pihak di Kementan ini,” tutur dia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads