alexametrics

Presiden Resmi Luncurkan Program Bantuan Buat PKL dan Pedagang Warung

9 Oktober 2021, 20:34:37 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada pelaku usaha kecil khususnya pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung yang terdampak pembatasan pandemi Covid-19. Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1,2 juta. Bantuan ini diberikan kepada 1 juta PKL dan pemilik warung sampai dengan akhir tahun 2021.

Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubowono X menyalurkan BT-PKLW secara langsung kepada para penerima di kawasan Malioboro Jogjakarta. Harapannya, program bantuan kepada PKL dan warung benar-benar bermanfaat untuk keberlangsungan usaha mereka sehingga pendapatan dan kesejahteraannya dapat kembali stabil.

“Pada kesempatan ini, saya resmikan dimulainya pemberian bantuan tunai untuk 1 juta pedagang kaki lima dan warung-warung kecil di seluruh Indonesia. Diberikan bantuan sebesar Rp 1,2 juta per orang dan dimulai pertama kali di kawasan Malioboro, Jogjakarta,” ujarnya secara virtual, Sabtu (9/10).

Dengan telah dimulainya penyaluran program ini, secara bersamaan telah dilakukan penyaluran di 141 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang dilakukan oleh TNI dan Polri, yaitu melalui Polres dan Kodim yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dengan menggunakan sistem aplikasi yang sudah disiapkan oleh TNI dan Polri guna menjaga akuntabilitas dan tata kelola yang baik atas program ini.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator bidang perekonomian Airlangga mengatakan, saat ini mesin pertumbuhan ekonomi mulai membaik, seiring dengan situasi pandemi yang semakin terkendali dan didukung oleh meningkatnya jumlah masyarakat yang telah divaksin.

Menurutnya, kepercayaan diri masyarakat untuk beraktifitas mulai meningkat, sehingga berdampak baik untuk ekonomi masyarakat, termasuk sektor pariwisata yang mulai berangsur pulih.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads