alexametrics

Pertamina Dukung UMKM Go Global dan Pemberdayaan Perempuan

8 Januari 2022, 14:47:48 WIB

JawaPos.com – Perusahaan energi milik BUMN PT Pertamina (Persero) juga berkontribusi memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah agar dapat bersaing dan mengekspor produknya ke tingkat global. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyebut, hal itu merupakan peran perseroan dalam membina usaha kecil sekaligus dapat menopang perekonomian saat krisis terjadi seperti saat ini.

“Kami melakukan edukasi, juga melakukan pelatihan agar UMKM kita bisa go modern, digital, dan global,” kata Nicke di Balikpapan, dikutip Sabtu (8/1).

Nicke mengungkapkan, hingga saat ini, jumlah UMKM secara nasional mencapai 64,2 juta UMKM. Jumlah tersebut dapat berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61 persen. Selain itu dapat menyerap tenaga kerja hingga 91 persen hingga membantu pemulihan ekonomi yang saat ini sedang lesu.

“Semua tetap harus bergerak, karenanya ini merupakan bantalan yang harus kita jaga,” tuturnya.

Dalam memberikan dukungan kepada sektor UMKM, Nicke menuturkan, pihaknya meningkatkan anggaran alokasi untuk sektor tersebut melalui program mitra binaan Pertamina. “Tahun lalu, ada 187 UMKM sudah Go Global,” ucapnya.

Di samping itu, Nicke menambahkan, secara khusus perseroan juga mendorong jumlah UMKM perempuan sekaligus pemberdayaan untuk terus bertumbuh. Saat ini jumlah UMKM perempuan sudah mencapai 35 persen dan akan untuk terus naik.

“Meski kondisi pandemi belum usai tetapi peran Pertamina untuk mengembangkan UMKM tetap kuat,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: